Aceh Pamerkan Wisata di Jerman | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Aceh Pamerkan Wisata di Jerman

Aceh Pamerkan Wisata di Jerman
Foto Aceh Pamerkan Wisata di Jerman

* Pada Ajang Internationale Tourisme Börse (ITB) Berlin

 BANDA ACEH – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, untuk pertama kalinya ikut memeriahkan pameran Internationale Tourisme Börse (ITB) Berlin, Jerman. Kegiatan itu berlangsung 8 hingga 12 Maret 2017.

Salah satu pameran pariwisata terbesar di dunia tersebut diikuti oleh lebih dari 187 negara. Pameran tersebut berlangsung di Gedung Messe Berlin, Jerman, serta dihadiri lebih dari 120 ribu pengunjung baik itu pembeli maupun penjual.

“Ini menjadi momen penting dalam rangka memperkenalkan Aceh, khususnya potensi wisata alam dan budaya Aceh kepada masyarakat Eropa,” kata Wakil Ketua II DPR Aceh, Teuku Irwan Djohan yang juga Koordinator Komisi VII DPR Aceh bidang Kebudayaan dan Pariwisata dalam rilis yang diterima Serambi, Sabtu (11/3).

Ia menambahkan, bergabung dengan Stand Kementerian Pariwisata RI dengan branding “Wonderful Indonesia”, tim seni Aceh yang diwakili Sanggar Tuha Delapan berhasil memukau peserta pameran ITB Berlin.

“Sanggar tersebut menampilkan musik tradisi Aceh, seperti Keneubah Indatu, Seudati, Uroeh Duk, Rapai Geleng dan Tarek Pukat,” kata Irwan Djohan yang juga Ketua Delegasi Aceh ke ITB Berlin 2017.

Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani mengatakan tim seni Aceh juga menampilkan musik tradisi Aceh seperti Didong dan Tari Saman. Dalam rangka menyukseskan 50 tahun lahirnya kerja sama negara-negara Asean bertema “Visit [email protected]: Golden Celebration”, tim seni Aceh juga berkesempatan menampilkan musik tradisi Aceh di stan Kamboja.

“Ini akan menjadi sebuah momen strategis lainnya dalam mempromosikan Aceh sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia, dan menarik minat wisatawan ke Aceh melalui penampilan seni budaya Aceh yang bernafaskan Islam,” katanya.

Direktur Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Center Unsyiah, Banda Aceh, Dr Iskandarsyah Madjid mengatakan, kopi Aceh sudah menjadi salah satu produk unggulan dari Aceh. Pameran ITB Berlin, menjadi salah satu media efektif dalam memperkenalkan kopi Aceh, tidak hanya sebagai produk kuliner wisata Aceh, tapi juga komoditi unggulan Aceh untuk tujuan ekspor di pasar dunia.

Selain mempromosikan wisata Aceh melalui brosur, leaflet dan cinderamata serta penampilan video The Light of Aceh di layar monitor ITB Berlin, kopi Aceh juga menjadi daya tarik wisata lainnya selama pameran berlangsung. Pengenalan kopi Aceh kepada pengunjung pameran itu bekerjasama dengan Barista Kementerian Pariwisata RI.(una) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id