Jembatan Jijiem Terancam Ambruk | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jembatan Jijiem Terancam Ambruk

Jembatan Jijiem Terancam Ambruk
Foto Jembatan Jijiem Terancam Ambruk

MEUREUDU – Pascabanjir akibat meluapnya Krueng Jijiem di Kabupaten Pidie Jaya, tiga minggu lalu, membuat kepala jembatan (abutmen) di Gampong Jijiem, Kecamatan Bandarbaru, terancam ambruk.

“Dalam tiga minggu terakhir, tanah di sekitar abutmen terus terkikis. Kami meminta pemerintah segera membuat bronjong di kedua abutmen sebelum menimbulkan dampak yang lebih parah terhadap jembatan ini,” kata Keuchik Gampong Jijiem, Tgk Abdurrahman, Sabtu (11/3).

Menurut Abdurrahman, setiap hari, tanggul di sekitar abutmen jembatan itu terus mengalami pengikisan. Sehingga tidak tertutup kemungkinan dalam beberapa bulan ke depan, abutmen jembatan ini bakal ambruk bila kembali terjadi banjir. “Dalam sepekan terakhir, kondisi jembatan terus mengkhawatirkan sehingga perlu penanganan segera,” harapnya.

Menurutnya, upaya untuk menyelamatkan abutmen jembatan itu, bisa dilakukan dengan normalisasi sungai atau pembangunan bronjong, agar dapat menyelamatkan jembatan tersebut dari pengikisan.

Kepala  Pekerjaan Umum (PU) Pidie Jaya, Bahrom ST yang ditanyai Serambi, Sabtu (11/3) mengatakan, kerusakan abutmen jembatan tersebut telah ditinjau oleh pihaknya dan sudah dimasukkan dalam daftar usulan program rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Sebab, ambruknya tebing bronjong penahan abutmen tersebut akibat bencana gempa bumi 7 Desember 2016 lalu yang kemudian diperparah saat banjir tiga pekan lalu,” ujarnya.(c43) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id