Di Tarim, Aceh Terkenal karena Syariat Islam | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Di Tarim, Aceh Terkenal karena Syariat Islam

Di Tarim, Aceh Terkenal karena Syariat Islam
Foto Di Tarim, Aceh Terkenal karena Syariat Islam

AIDIL RIDHWAN, putra Aceh asal Pante Garot, Pidie, alumnus Ummul Ayman Samalanga, melaporkan dari Tarim, Yaman

PENERAPAN syariat Islam di bumi Aceh yang berlangsung sejak 2001 sungguh patut diapresiasi setinggi-tingginya. Syariat Islam sebagai landasan utama dalam keseharian masyarakat Tanoh Rencong itu menjadi pusat perhatian dunia. Di antaranya adalah masyarakat di Kota Tarim.

Di kota yang berada di Provinsi Hadhramaut, Republik Yaman ini, nama Aceh tersohor karena penerapan syariat Islamnya. Dalam beberapa kesempatan mengobrol dengan warga setempat, ketika mengetahui saya berasal dari Aceh, mereka langsung bertanya seputar penerapan syariat Islam.

Seperti diketahui, masyarakat Tarim sangat ramah dan senang bertukar pikiran serta pengalaman dengan warga asing. “Oh, anta asyiyyin? Keif tathbiq syari’ah hunak, tamam? (Oh, kamu orang Aceh? Bagaimana penerapan syariat Islam di sana? Bagus ya?”)

Dari obrolan-obrolan tersebut, saya bisa menangkap ekspresi kesenangan mereka ketika mendengar syariat Allah Swt masih diterapkan dengan serius di muka bumi ini. Terlebih di Aceh, wilayah dengan beragam kultur, golongan, serta pemikiran yang ternyata masih mampu bersatu di bawah payung syariat Islam.

Awal mulanya saya agak tak percaya ketika mengetahui orang-orang Tarim mengenal Aceh dengan penerapan syariat Islamnya. Pasalnya, sejauh ini belum pernah ada pelajar Aceh di Tarim yang mempromosikan Aceh beserta syariat Islamnya kepada warga setempat.

“Di samping itu juga, jumlah pelajar Aceh di Tarim saat ini masih sangat sedikit, sehingga nama Aceh tak begitu tersohor di kalangan warga Tarim,” pikir saya.

Tapi realitanya tidak seperti itu. Orang-orang Tarim justru mengenal Aceh sebagai wilayah yang masih kuat dengan penerapan syariat Islam.

Tak hanya masyarakat biasa, nama Aceh juga disebut-sebut oleh ulama Tarim di dalam majelis-majelis pengajian mereka. Seperti majelis pengajian bersama Habib Umar bin Hafidz. Seperti yang telah diketahui, Al Habib Umar merupakan salah satu Habib yang pernah mengunjungi Aceh dan berziarah ke pemakaman Al Habib Abu Bakar Bilfaqih (Tgk Dianjong).

Dalam bahasa Arab, kata Aceh dilafazkan dengan sebutan Asyi. Di dalam kitab-kitab biografi ulama Ahlu Bait (keturunan Rasulullah saw) yang saya baca, nama Aceh sudah tak asing lagi. Semisal ketika menyebut nama Al Habib Abu Bakar Bilfaqih (Tgk Dianjong), pengarang-pengarang kitab tersebut tidak lupa menggelari beliau dengan sebutan Shahibul Asyi, yang berarti orang yang telah menjadi warga Aceh.

Sebagaimana diketahui, Al Habib Abu Bakar Bilfaqih merupakan salah satu habib dari Tarim yang berdakwah ke Aceh beberapa ratus tahun silam. Dengan dakwah dan ilmu yang beliau tekuni, hingga pada masa itulah Aceh digelar dengan sebutan Serambi Mekkah. Terlebih karena banyaknya jamaah haji yang lebih dulu singgah di Aceh untuk belajar ilmu manasik dari beliau sebelum melanjutkan perjalanan ke Baitullah.

Hingga saat ini, hubungan Aceh dengan Tarim semakin erat dengan berlanjutnya silaturahmi kami dengan orang-orang Tarim yang kami kenal. Seperti halnya di Aceh, warga Tarim juga sangat senang disambut dengan tradisi peumulia jamee (memuliakan tamu). Salah satu pelajar Aceh yang saat ini getol mempromosikan Aceh kepada warga Tarim adalah Teungku Ahmad Nadzir. Saking dikenalnya dia oleh warga Tarim, sehingga warga setempat tak segan-segan memanggilnya dengan sebutan Shahibul Asyi.

Akhir kata, dengan terpilihnya gubernur baru Aceh dalam Pilkada 15 Februari lalu, semoga Aceh selalu diberi taufik oleh Allah dalam menerapkan syariat Islam. Sehingga syariat Islam berlaku menyeluruh ke segala aspek kehidupan masyarakat Aceh lon sayang. Semoga.

Jika Anda punya informasi menarik, kirimkan naskahnya, termasuk foto dan identitas Anda ke email [email protected] (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id