Penetapan Wali Kota Lhokseumawe 15 Maret | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Penetapan Wali Kota Lhokseumawe 15 Maret

Penetapan Wali Kota Lhokseumawe 15 Maret
Foto Penetapan Wali Kota Lhokseumawe 15 Maret

LHOKSEUMAWE – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Lhokseumawe menggeser jadwal rapat pleno untuk menetapkan pasangan wali kota dan wakil wali kota terpilih hasil pilkada 15 Februari 2017 lalu. Dari jadwal sebelumnya yang ditetapkan 14 Maret, diubah menjadi 15 Maret 2017.

Ketua KIP Lhokseumawe, Syahrir M Daud, Jumat (10/3), menjelaskan, sesuai jadwal yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), penetapan calon wali kota/bupati terpilih pada 8-10 Maret 2017. Namun usai pencoblosan, ada beberapa daerah yang calonnya mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), sehingga KPU menggeser jadwal penetapan calon menjadi 13-15 Maret 2017.

Dari jadwal kedua tersebut, lanjut Syahrir, pihaknya sempat mengagendakan penetapan pada 14 Maret 2017. Tetapi sesuai pemberitahuan lanjutan dari KPU, untuk penetapan wali kota/bupati terpilih harus menunggu keluarnya surat dari MK yang menyatakan kalau daerah tersebut tidak ada gugatan.

“Surat itu akan dikeluarkan MK pada 13 Maret 2017. Jadi karena harus menunggu surat MK, maka kami bersama Panwaslih mengambil kesimpulan kalau pleno penetapan pasangan terpilih diundur satu hari menjadi 15 Februari 2017,” jelasnya.

Sedangkan terkait tempat pleno, Syahrir mengatakan akan disesuaikan kembali nantinya, apakah di Hotel Lido Graha atau di Hotel Harun Square.

Untuk diketahui, hasil pemilihan wali kota dan wakil walikota di Lhokseumawe, pasangan nomor urut 4, Suaidi Yahya-Yusuf Muhammad meraih suara terbanyak, yakni 33.129 suara, diikuti pasangan nomor urut 3 Rachmatsyah-T Naufal dengan jumlah 19.516 suara, lalu di urutan ketiga, pasangan nomor urut 1, Helmi Musa Kuta-Maisyuri yang memperoleh 11.057 suara. Terakhir, pasangan nomor urut 2, Zulkifli-Amni yang hanya meraih 9.536 suara.(bah) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id