Pijay Gelar Gerakan Sadar Wisata | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pijay Gelar Gerakan Sadar Wisata

Pijay Gelar Gerakan Sadar Wisata
Foto Pijay Gelar Gerakan Sadar Wisata

MEUREUDU – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pidie Jaya (Pijay), Kamis (9/3) menggelar Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona. Kegiatan yang berlangsung di Pantai Wisata Kuthang, Trienggadeng menghadirkan pengusaha yang bergerak dalam bidang bisnis. Ajang tahunan tersebut juga ikut dihadiri pejabat Kementerian Pariwisata RI.

Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona 2017 yang dibuka Bupati Pijay diwakili Asisten Pemerintahan, Drs Ridwan M Ali MPd, diikuti sekitar 200 peserta, meliputi pengusaha hotel, rumah makan, pengusaha kuliner, pedagang buah-buahan khsus yang mangkal di lintasan jalan nasional.

Juga hadir pelaku wisata serta pedagang yang membuka usaha di sejumlah objek wisata, kecuali Pantai Meurah Seutia (Pantai Manohara -red) Gampong Meunasah Balek, Kecamatan Meureudu.

Kabid Pariwisata Disporapar yang juga panitia pelaksana, Drs Ismail Ibrahim, kepada Serambi mengatakan, ajang tersebut merupakan atraksi wisata yang antara lain bertujuan melestarikan budaya daerah, sekaligus sebagai sarana pengembangan potensi bakat, kreaktivitas, kecerdasan para generasi muda untuk berperan dalam mempromosikan kekayaan seni, budaya dan pariwisata. Tak cuma itu, melalui ajang dimaksud , warga juga diajak untuk menjaga budaya bersih, indah, tertib serta bermoral.

Bupati Pijay mengatakan rasa haru serta suatu kehormatan yang besar bagi Pijay atas kepercayaan pemerintah pusat untuk melaksanakan agenda nasional di wilayahnya. Kepercayaan yang diberikan, katanya, tidak lepas karena Pijay baru saja dilanda musibah besar, berupa gempa bumi.

Melalui ajang tersebut, diharapkan dapat mengembalikan semangat pelaku wisata dan masyarakat sekitar dalam melakukan kegiatan menyangkut promosi dan ekonomi kepariwisataan. “Atas nama Pemkab Pijay, kepada Kemenpar RI kami ucapkan terima kasih,” kata Ridwan Ali.

Pejabat Kemenpar yang hadir pada Gerakan Sadar Wisata dimaksud, yaitu Drs Yabez L Tosia, Kabid Internalisasi dan Pengembangan Sadar Wisata yang juga Asdep Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat.

MIN Juara
Sementara pada kegiatan Kampanye dan Lomba Pidato Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang digelar sehari sebelumnya (Rabu, 8/3)) di lapangan bolakaki Meureudu, diikuti 48 SD/MI se-Pijay, akhirnya MIN Blang Baroh Kecamatan Bandarbaru keluar sebagai juara pertama. Juara kedua dan ketiga masing-masing diraih SDN Teupin Jangat SDN Luengputu, yang juga kecamatan yang sama.

Juara harapan I, III dan III yaitu, MIN Meureudu, SDN Meunasah Kota Meureudu serta SDN Trienggadeng. Kegiatan yang berlangsung sehari penuh itu juga ikut dimeriahkan Bang Joni dan Mando Gapi, pemeran utama Film Komedi Empang Breueh.(ag) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id