Waduk Kota Kotor dan Bau | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Waduk Kota Kotor dan Bau

Waduk Kota Kotor dan Bau
Foto Waduk Kota Kotor dan Bau

LHOKSEUMAWE – Waduk Kota Lhokseumawe yang berfungsi sebagai tempat penampungan air sekaligus salah satu tempat wisata, dipenuhi sampah hingga membuatnya kotor dan bau. Dalam beberapa hari ini, saat melintas di jalan lingkar akan tercium bau busuk. Kondisi itu sangat mangganggu para pengunjung dan masyarakat sekitar.

Anggota DPRK Lhokseumawe, Mukhlis Azhar, Jumat (10/3) mengatakan, waduk tersebut pada dasarnya bukan hanya berfungsi untuk menampung air, tapi juga sebagai salah satu lokasi wisata andalan di Kota Lhokseumawe. Setiap hari sangat banyak masyarakat lokal dan dari luar daerah yang berkunjung untuk menikmati pemandangan di waduk tersebut.

Namun sayang, saat ini kondisi waduk tidak terpelihara. Banyak sampah dan menimbulkan bau menyengat. “Para pengunjung pasti sangat terganggu. Kami harap dinas yang bertanggungjawab segera mengatasinya. Jangan sia-siakan aset yang sudah ada dalam menunjang potensi pariwisata di Kota Lhokseumawe,” pungkas Mukhlis Azhar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lhokseumawe, Dedi Irfansyah, mengatakan bau tak sedap itu terjadi karena selama ini tidak ada sirkulasi air. Tapi dalam satu minggu ini pintu air yang terhubung dengan sungai Cunda sudah mulai dibuka-tutup.

“Dulu pintu air itu tidak pernah dibuka, sehingga tidak ada pergantian air di waduk. Tapi sekarang sudah mulai dibuka. Saat air sungai surut, pintu dibuka, dan saat air sungai pasang, pintu ditutup lagi. Dengan rutin kita lakukan hal ini, bau akan hilang perlahan-lahan. Sedangkan sampahnya akan kita bersihkan saat anggaran turun tahun ini,” kata Dedi.(bah) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id