Wabup: Libatkan Kami dalam KEK | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Wabup: Libatkan Kami dalam KEK

Wabup: Libatkan Kami dalam KEK
Foto Wabup: Libatkan Kami dalam KEK

* Sebagai Kabupaten Pemilik Wilayah Operasional KEK Arun

LHOKSUKON – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara meminta Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat, melibatkan Pemkab Aceh Utara dan Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe dalam persiapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe. Pemkab juga meminta dilibatkan dalam kepengurusan Dewan KEK Arun.

Permintaan itu disampaikan Wakil Bupati Aceh Utara, M Jamil, kepada Serambi, Jumat (10/3). “Tadi (kemarin-red) kita juga adakan pertemuan dengan provinsi. Dalam pertemuan itu kita sampaikan supaya Pemkab Aceh Utara dan Pemko Lhokseumawe sebagai pemilik wilayah, juga dilibatkan dalam pengurus Dewan KEK,” kata M Jamil.

Menurut Wabup, jika dilibatkan, Aceh Utara dan Lhokseumawe sebagai pemilik wilayah dapat berperan langsung dalam persiapan kawasan tersebut, serta untuk memudahkan, mempercepat, dan mengawasi berbagai kebijakan terkait KEK tersebut. “Kami berharap, selain dari provinsi, pemkab dan pemko juga dilibatkan dalam dewan KEK,” ujarnya.

M Jamil berpendapat, proses perekrutan tenaga kerja juga akan mudah jika pemkab dan pemko dilibatkan. Selain itu, jika muncul persoalan-persoalan kecil, juga akan mudah diselesaikan karena ada keterlibatan pemilik wilayah. Keterlibatan tim daerah juga penting agar penyaluran dana Coorporate Social Responsibility (CSR) tidak tumpang tindih.

Disebutkan M Jamil, sebelum menyampaikan masukan ke Gubernur Aceh, dalam minggu depan pihaknya akan bertemu konsorsium, yaitu PT PupukIskandar Muda (PIM), PT Pelindo I Lhokseumawe, dan Pertamina, untuk membahas persoalan itu sekaligus mencari masukan terkait pendapatan yang diperoleh Pemkab dari pembentukan KEK.

“Kita berharap nanti Pak Gubernur bersedia menampung permintaan Pemkab. Ini penting untuk masyarakat Aceh Utara ke depan. Berapa porsi atau persentase yang diberikan kepada Pemkab, dengan hidupnya industri-

industri di KEK nanti,” demikian Wabup Aceh Utara, M Jamil. Untuk diketahui, Presiden RI Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2017 tentang KEK Arun Lhokseumawe pada 17 Februari 2017.(jaf) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id