Dandim 0107: Stop Pembakaran Lahan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dandim 0107: Stop Pembakaran Lahan

Foto Dandim 0107: Stop Pembakaran Lahan

TAPAKTUAN – Dandim 0107/Aceh Selatan, Letkol Inf Hasandi Lubis SIp mengimbau masyarakat menghentikan pembukaan lahan dengan cara membakar, karena sangat merusak lingkungan dan ekosistem termasuk menimbulkan penyakit.

Imbauan itu disampaikan Letkol Hasandi sehubungan terjadi lagi kebakaran lahan di wilayah Trumon, Kamis (3/3) malam. “Kebakaran lahan di wilayah Trumon yang terjadi Kamis malam sedang dilakukan upaya pemadaman oleh tim pemadam kebakaran bersama TNI/Polri. Begitu juga kasus kebakaran lahan di Bakongan dan Kota Bahagia,” kata Hasandi kepada Serambi, Jumat (4/3).

Kebakaran lahan di Bakongan dan Kota Bahagia, menurut Letkol Hasandi tidak hanya menghanguskan ratusan hektare areal lahan, namun puluhan hektare lahan perkebunan yang sudah tanam dengan usia tanam 3 tahun lebih dan sudah produksi ikut hangus. “Kita menekankan kepada masyarakat agar segera menghentikan pembakaran,” tandasnya.

Dandim 0107/Aceh Selatan beserta jajaran yang beberapa hari ini terjun ke lapangan bersama anggota Polres Aceh Selatan, Yonif 115/ML, BPBD, dan Damkar Aceh Selatan berharap kesadaran masyarakat agar tidak muncul bencana yang lebih besar.

“Cukup, cukup, dan cukuplah sudah kejadian selama ini menjadi pelajaran. Duka yang kita hadapi akibat kebakaran lahan sangat luar biasa. Jangan sampai ada korban lagi seperti kejadian di Pekan Baru dan Jambi beberapa waktu lalu. Kabupaten Aceh Selatan juga menerima imbasnya. Jangan kita menjadi sumber malapetaka, baik untuk diri sendiri maupun yang lainnya,” ujar Letkol Inf Hasandi Lubis.

Seperti diketahui, pembakaran hutan untuk pembukaan lahan perkebunan sawit sudah mulai dilakukan masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Bakongan, Kota Bahagia, dan Trumon. Seiring dengan berkurangnya curah hujan dan cuaca panas beberapa hari belakangan ini membuat warga yang hendak membuka lahan menggunakan cara yang salah yaitu dengan membakar.

Oleh sebagian masyarakat menganggap cara ini paling murah dan cepat. Namun tanpa disadari, pembakaran lahan bisa memunculkan bencana. “Titik api di Bakongan dan Kota Bahagia belum habis padam kini sudah muncul di Trumon. Makanya perlu kita imbau masyarakat agar tidak lagi membakar lahan,” pungkas Dandim Aceh Selatan.(tz) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id