Gubernur: Lelang Proyek Diumumkan di Koran | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gubernur: Lelang Proyek Diumumkan di Koran

Foto Gubernur: Lelang Proyek Diumumkan di Koran

BANDA ACEH – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah memerintahkan seluruh SKPA untuk secepatnya mempersiapkan semua persyaratan lelang proyek APBA 2016.

“Paling lambat pengumuman lelang proyek APBA 2016 sudah bisa diterbitkan dan dibaca masyarakat di surat kabar pada 15 Maret 2016,” kata Zaini Abdullah dalam pengarahannya pada rapat pimpinan persiapan pelaksanaan proyek APBA 2016, Jumat (4/3) di Kantor P2K Kantor Gubernur Aceh.

Penegasan serupa juga disampaikan Sekda Aceh, Dermawan selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA). Menurutnya, percepatan pelelangan perlu dilakukan segera di surat kabar, dan perintah gubernur ini, hendaknya diikuti oleh kabupaten/kota. “Kabupaten/kota juga memiliki proyek APBA yang bersumber dari dana otsus yang akan diterima tahun ini,” kata Dermawan.

Seperti diarahkan Gubernur, masyarakat wajib dan harus tahu proyek apa saja yang akan dikerjakan Pemerintah Aceh pada 2016 ini. Untuk memberitahukannya, kita harus mengumumkannya secara terbuka di media cetak.

Kalau kita umumkan di media elektronik, kata Zaini Abdullah, hanya kontraktor yang akan ikut tender saja yang mengetahuinya. Tapi, jika diumumkan di surat kabar, semua lapisan masyarakat dapat melihatnya dan mereka akan mengawasi pelaksanaan proyek tersebut.

Mengumumkan proyek yang dilelang di surat kabar, kata Zaini merupakan bagian dari pelaksanaan reformasi birokrasi, transparansi, dan akuntabilitas pemerintah kepada publik. Tidak perlu ada yang ditakuti, dirahasiakan atau disembunyikan. Pemerintah itu ada, karena ada rakyatnya.

Tujuan pemerintah membangun untuk rakyat, jadi apa yang akan kita persembahkan kepadanya, tidak perlu harus disembunyikan. Saat ini tidak zamannya seperti itu. Di era keterbukaan ini, kata Zaini, kita harus memberikan akses seluas-luasnya bagi publik. Rakyat juga perlu memberikan pandangan, koreksi, usul, dan saran kepada pemerintah.

Menurut data P2K Setda Aceh, jumlah proyek strategis yang akan dilelang secara terbuka pada 2016 sekitar 1.182 paket, dengan pagu anggaran Rp 2.2 triliun.

Dari jumlah itu, ungkap Gubernur Zaini, yang telah siap dilelang dan diumumkan di surat kabar, baru sekitar 665 paket, dengan pagu anggaran Rp 1,292 triliun. Ini artinya masih ada 467 paket lagi yang belum bisa dilelang karena kelengkapan persyaratannya belum diselesaikan oleh SKPA.(her) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id