Tol Aceh-Sumut Masih Pembuatan DED | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tol Aceh-Sumut Masih Pembuatan DED

Tol Aceh-Sumut Masih Pembuatan DED
Foto Tol Aceh-Sumut Masih Pembuatan DED

* Kadis PUPR: Amdal Sudah Selesai

BANDA ACEH – Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah mengatakan pelaksanaan program pembangunan proyek jalan tol Aceh-Sumut 495 kilometer (km) saat ini masih pembuatan detail engineering design (DED). DED ini untuk memastikan besar biaya dikeluarkan kontraktor untuk proyek yang sudah disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi) tahun lalu itu.

Gubernur menyampaikan hal ini ketika menjawab wartawan usai rapat persiapan Penas KTNA 2017 ke-15 di Kantor P2K Setda Aceh, Banda Aceh, Senin (6/3). “Kita harapnkan pihak PT Hutama Karya selaku pemodal dan kontraktor yang telah ditunjuk Presiden untuk membiayai dan melaksanakan proyek jalan Tol tersebut bisa menyelesaikan pembutan dokumen DED lebih cepat lagi,” kata Zaini.

Zaini mengatakan meski masa tugasnya sebagai Gubernur Aceh akan berakhir 25 Juni 2017, tetapi ia berharap nantinya Gubernur dan Wagub Aceh terpilih dalam pilkada beberapa waktu lalu, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah tetap menagih janji pemerintah pusat itu.

Zaini mengatakan dirinya sudah meminta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh, Ir Rizal Aswandi dan Kepala Balai Satker Jalan Nasional Aceh Wilayah I, Farurrahman untuk terus mencari informasi terkini mengenai perkembangan pelaksanaan program proyek tersebut.

“Proyek jalan tol lainnya di Sumatera, seperti Kuala Namu-Medan-Prapat dan Brastagi sudah mulai pekerjaan fisiknya di lapangan, tapi kenapa proyek jalan tol Aceh-Sumut, sampai bulan ketiga tahun anggaran 2017 ini, belum ada tanda-tanda akan dimulai kegiatan lapangan, apakah pemetaan trase jalan maupun pembebasan lahannya terkendala,” tanya Zaini kepada Ir Rizal Aswandi.

Menanggapi pertanyaan ini, Rizal Aswandi mengatakan tahapan pelaksanaan program proyek jalan tol Aceh-Sumut masih dalam pembuatan DED oleh PT Hutama Karya. Menurutnya, masih banyak tahapan sebelum sampai tahap pembebasan lahan, land clearing dan pembangunan fisiknya. Sedangkan tahapan pertama pembuatan analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal), kata Rizal sudah dituntaskan Badan Pengendali Lingkungan Hidup Aceh.

Rizal menyebut pembangunan jalan tol Aceh-Sumut akan dilakukan empat tahap, tahap pertama Sigli-Banda Aceh 75 km, tahap kedua Sigli -Lhokseumawe 175 Km, tahap ketiga Lhokseumawe-Langsa 135 km dan tahap keempat Langsa-Binjai (Sumut) 110 km. Para bupati dan wali kota di daerah yang dilintasi ruas jalan tol tersebut, kata Rizal juga sudah menyatakan siap membantu pelaksanaan pembebasan lahan untuk proyek tersebut. Lebih dari itu, ia juga mengharapkan dukungan masyarakat yang terkena tanahnya dengan melepas hartanya sesuai ditetapkan tim penilai independen agar proyek ini berjalan lancar. (her) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id