Elpiji Langka di 3 Kecamatan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Elpiji Langka di 3 Kecamatan

Elpiji Langka di 3 Kecamatan
Foto Elpiji Langka di 3 Kecamatan

* Baktiya, Jambo Aye, dan Langkahan

LHOKSUKON – Warga di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Baktiya, dan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, sering kesulitan mendapatkan elpiji tabung 3 kilogram (Kg). Kondisi itu kembali terjadi dalam satu minggu terakhir ini. Sehingga warga harus membeli gas sampai ke perbatasan atau wilayah Kabupaten Aceh Timur.

“Saya sudah enam hari tidak mendapatkan pasokan gas, banyak warga yang mau beli ke tempat saya kecewa karena tak ada gas. Saya sudah menghubungi pihak pangkalan di Tanah Jambo Aye. Tapi pemilik pangkalan mengaku tak mendapatkan pasokan gas,” kata Muhammad Thaib (43), warga Biara Timu, kepada Serambi, Minggu (5/3).

Muhammad Thaib mengaku sempat melihat distributor sering memasok gas ke pangkalan pada malam hari ke kawasan Tanah Jambo Aye. “Informasi dari warga sekitar pangkalan juga begitu. Tapi saya tidak tau maksud kenapa selama ini sering dibongkar gas di pangkalan pada malam hari, tapi gas tetap langka,” kata Muhammad.

Warga Biara Timu, Akmal, menyebutkan, dirinya juga pernah melihat gas dibongkar gas pada malam hari di pangkalan yang ada di Tanah Jambo Aye. Namun, warga tetap kesullitan mencari gas. “Masyarakat tak bisa membeli gas sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) sebagaimana ditetapkan pemerintah,” katanya.

Padahal pada tabung gas tersebut ditulis jelas, gas untuk masyarakat miskin. “Selama ini warga harus membeli gas dengan harga Rp 23 sampai Rp 25 ribu pertabung. Persoalannya lainnya, meskipun harganya sudah mahal, tapi gas juga tetap langka, sepertinya ada persoalan distribusi gas selama ini di Jambo Aye,” katanya.

Abdul Salam (40), warga Baktiya juga menyebutkan hal serupa. Ia sudah mencari gas ke sejumlah pedagang eceran dan pangkalan di Baktiya, tapi tak mendapatkannya. Lalu ia mencari ke kawasan Pantonlabu, juga tidak mendapatkannya. “Akhirnya saya mendapatkan gas di kawasan Kecamatan Madat, Aceh Timur,” ujar Abdul Salam.(jaf) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id