Kemensos Verifikasi Warga Miskin Abdya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kemensos Verifikasi Warga Miskin Abdya

Foto Kemensos Verifikasi Warga Miskin Abdya

* Untuk Menjadi Penerima KKS

BLANGPIDIE – Kementerian Sosial (Kemensos) saat ini tengah merampungkan verifikasi data keluarga miskin di Abdya sebagai penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), pengganti Kartu Perlindungan Sosial (KPS). KKS tersebut nantinya menjadi persyaratan untuk menerima bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) tahun 2016.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisosnakertrans) Abdya, Nazaruddin, dihubungi Serambi, Jumat (4/3) menjelaskan data sementara penerima KKS dari sembilan kecamatan mencapai 12.568 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Jumlah tersebut tidak jauh berbeda dengan pemegang KPS tahun  sebelumnya berjumlah 12.587 RTS.

Data sementara tersebut sudah dibawa Kabid Banjamsos, Muzakir ke Kemensos di Jakarta, beberapa waktu lalu untuk dilakukan verifikasi kembali. Verifikasi dilakukan karena penerima KPS (kartu perlindungan sosial) sebelumnya menimbulkan protes dari sebagian warga. Dalam data tersebut banyak ditemukan penerima tidak layak atau keluarga mampu secara ekonomi, dan ada pula keluarga miskin yang sangat layak, tetapi tidak masuk daftar.

Data pemegang KPS yang ‘bermasalah’ tersebut berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang diserahkan ke Kemensos RI di Jakarta tahun 2011. Nazaruddin didampingi Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial (Kabid Banjamsos), Muzakir menjelaskan dalam proses verifikasi di Kemensos di Jakarta, data  RTS yang sudah tidak layak akan dikeluarkan, seperti keluarga mampu atau sudah meninggal dunia.

“Data sementara berjumlah 12.568 RTS, bisa berkurang atau bertambah,” katanya. Seperti KPS sebelumnya, KKS menjadi persyaratan bagi keluarga miskin untuk menerima bantuan PSKS atau bantuan lainnya. Sementara itu Kepala PT Pos Blangpidie H Muspiari ketika dihubungi Serambi kemarin mengatakan belum menerima informasi apapun tentang data keluarga miskin sebagai penerima bantuan PSKS tahun 2016. “Tahun ini, belum ada penyaluran bantuan dari program apapun,” katanya.(nun)

data kks sementara
* Babahrot 2.301 RTS
* Kuala Batee 1.918 RTS
* Jeumpa 1.571 RTS
* Blangpidie 924 RTS
* Susoh 1.239 RTS
* Setia 731 RTS
* Manggeng 1.294 RTS
* Lembah Sabil 952 RTS (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id