KPK Bentuk Masyarakat Cegah Korupsi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

KPK Bentuk Masyarakat Cegah Korupsi

Foto KPK Bentuk Masyarakat Cegah Korupsi

BANDA ACEH – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun ini mewacanakan membentuk sejumlah komunitas masyarakat dalam rangka pencegahan praktek korupsi di Kota Banda Aceh.

“Tahun ini Banda Aceh jadi fokus area yang jadi prioritas lembaga. Kehadiran kita di sini ingin mendengarkan pendapat dari Pemko dan sekaligus kita minta izin hadir di Banda Aceh dengan program-program kita,” ujar Ramah Handoko, Spesialis Kampaye Sosial Direktorat Pendidikan dan Pelayanan MasyarakatKPK, Kamis (3/3) saat bertemu dengan Sekdakota Banda Aceh, Ir Bahagia Dipl.SE.

Ditambahkan Ramah Handoko, pihaknya ingin mendorong lahirnya komunitas-komunitas di masyarakat yang nantinya akan meyuarakan pesan-pesan pencegahan korupsi. “Kami sudah lakukan di Bandung dan Yogjakarta tahun lalu. Untuk tahun ini program yang sama kita lanjutkan di Banda Aceh dan Denpasar,” tambahnya.

Komunitas ini nantinya, kata Ramah, akan didorong aktif dalam gerakan anti korupsi. Dijelaskan juga, komunitas itu bukan bergerak dalam area investigatif tapi lebih ke area penyelarasan nilai-nilai anti korupsi itu sendiri, diantaranya, jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggungjawab, berani, kerja keras dan adil.

“Kadang kita terlalu bertumpu pada kegiatan yang dilakukan oleh teman-teman pada tindakan. Tangkap koruptor dan selamatkan uang Negara memang bagus, tapi impact-nya tidak terlalu terasa bagi masyarakat bawah. Ketika koruptor tertangkap dan ratusan uang negara selamat namun jalan tetap berlubang, pengurusan dokument administrasi masih tetap ada pungutan,” ujar Ramah Handoko.

Menurut Ramah, program komunitas peduli korupsi ini merupakan perpanjangan tangan KPK dalam koridor memberdayakan mereka untuk lebih perhatian kepada masyarakat dalam hal kesadaran mereka peduli kepada kota mereka.(mis/rel) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id