Pentingnya Pelajar bagi Kota Göttingen | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pentingnya Pelajar bagi Kota Göttingen

Pentingnya Pelajar bagi Kota Göttingen
Foto Pentingnya Pelajar bagi Kota Göttingen

OLEH REZA FAHMI, Mahasiswa Magister di Hydrogeology and Environmental Geoscience Göttingen University, melaporkan dari Jerman

SAAT ini saya sedang menempuh pendidikan di Universitas Göttingen, terletak di kota bernama sama. Kota Göttingen terletak persis di tengah Jerman, di negara bagian Niedersachsen.

Banyak mahasiswa internasional yang menempuh pendidikannya di sini. Oleh sebab itu, tidak perlu khawatir jika tidak menguasai bahasa Jerman, karena lidah penduduk sekitar sudah terbiasa melafalkan bahasa Inggris.

Sejarah Universitas Göttingen dimulai pada abad ke-18. Gubernur Hannover saat itu, George Augustus, memerintahkan pembuatan sebuah universitas sebagai sarana masyarakat menimba ilmu. Kenapa tidak dibangun di Hannover yang merupakan pusat pemerintahan, tapi malah dibangun di Göttingen yang ketika itu merupakan desa dan berjarak lebih dari 50 km?

Ternyata sang penguasa agak ragu membangun kampus di pusat pemerintahan karena sebuah alasan sederhana: takut akan adanya pemberontakan dari orang-orang intelektual.

Setelah adanya kampus, pelajar menjadi begitu berharga bagi masyarakat. Jika di daerah lain ketika itu biasanya tingkat kekayaan dihitung dengan jumlah sapi, kuda, dan binatang ternak lainnya, orang Göttingen dengan bangga mengatakan, “Saya punya lima kuda, dua kambing, dan dua orang mahasiswa” menunjukkan betapa berharganya pelajar. Mahasiswa tinggal di rumah penduduk untuk kuliah, sedangkan penduduk menerima bayaran dari mahasiswa. Semenjak itulah simbiosis mutualisme antara Göttingen dan pelajar terbangun dan terus berlanjut sampai saat ini.

Dari sekitar 120.000 penduduk Göttingen saat ini, 30.000-an penduduk memiliki pekerjaan yang berkaitan dengan kampus. Jadi, bisa dibilang 1/4 penduduk Göttingen dihidupi oleh universitas.

Hal ini berarti satu dari empat orang yang Anda temui di jalan memiliki afiliasi dengan Universitas Göttingen. Menyadari pentingnya universitas, wali kota pun berusaha menyediakan fasilitas-fasilitas yang memanjakan para mahasiswa dalam menjalani studi, salah satunya adalah diskon. Wali kota menjalin kerja sama dengan beberapa tempat perbelanjaan untuk memberikan diskon bagi pelajar.

Selain itu, kartu pelajar dari kampus ini juga merupakan salah satu kartu pelajar tersakti di Jerman. Setelah membayar uang semester, Anda akan bisa mengunjungi beberapa kota di sekeliling Göttingen seperti Bremen, Wolfburg, dan Hamburg (yang jaraknya sama seperti Bireuen-Banda Aceh) tanpa biaya. Jadi, ketika kebosanan melanda, tinggal melancong naik kereta ke mana pun angin berembus.

* Jika Anda punya informasi menarik, kirimkan naskahnya, termasuk foto dan identitas Anda ke email [email protected] (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id