Polisi Garda Terdepan Penegakan Syariat Islam | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Polisi Garda Terdepan Penegakan Syariat Islam

Polisi Garda Terdepan Penegakan Syariat Islam
Foto Polisi Garda Terdepan Penegakan Syariat Islam

JANTHO – Untuk menyukseskan pelaksanaan Syariat Islam di Aceh secara menyeluruh dan dengan mudah diterima oleh masyarakat, maka polisi harus berada di garda terdepan dalam penegakan hukum syariah di Aceh. Hal itu ditegaskan Kepela Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh, Prof Dr H Syahrizal Abbas MA, dalam sambutannya di hadapan siswa SPN Seulawah Polda Aceh, di Saree, Aceh Besar, Senin (27/2).

Dalam acara memenuhi undangan Kepala SPN Seulawah, Kombes Pol Drs Armia Fahmi itu Syahrizal Abbas juga mengatakan, sebagai aparat hukum yang bekerja diwilayah Aceh tentunya harus memahami karaktek masyarakat Aceh yang agamis. Masyarakat Aceh telah menjadikan nilai-nilai Syariat Islam dalam kehidupan baik dalam kehiduapn keluarga dan masyarakat.

“Jika ingin berhasil, tentunya anggota polisi harus memiliki kemampuan dibidang agama, norma-norma serta adat masyarakat setempat. Sehingga kelak siswa polisi ini akan dicintai oleh masyarakat,”ujar Kepala DSI Aceh itu.

Guru Besar UIN Ar-Raniry itu juga menambahkan, pelaksanaan Syariat Islam di Aceh itu merupakan amanat konstitusi Negara yang harus dijalankan oleh lembaga pemerintah di Aceh baik kejaksaan, pengadilan, dan termasuk pihak kepolisian. Katanya, pihak kepolisian sudah berkomitmen menjalankan syariat Islam di Aceh. Karena itu materi syariat Islam penting dimasukan dalam proses belajar di SPN Seulawah ini.

Perlu diketahui, tugas kepolisian di wilayah Aceh secara nasional sudah jelas diatur dalam perundang-undangan Negara, yang kaitannya pelaksanaan syariat Islam ada undang-undang nomor 44 Tahun 1999 dan undang-undang Nomor 11 tahun 2016. Bahkan, secara lokal telah lahir qanun-qanun tentang pelaksanaan syariat Islam untuk mempermudah penegak hukum melaksanakan tugasnya dengan baik di Aceh. “Kepada semua siswa SPN Seulawah ini, kami mengharapkan setelah dilantik menjadi polisi, maka harus mampu berdiri di barisan terdepan dalam menegakkan syariat Islam di Aceh,” pinta Syahrizal Abbas.(rel/mis) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id