Tanggul Sungai Panteraja Amblas | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tanggul Sungai Panteraja Amblas

Tanggul Sungai Panteraja Amblas
Foto Tanggul Sungai Panteraja Amblas

* Ancam Permukiman Warga

MEUREUDU Tanggul pengaman sungai Panteraja di Gampong Lhok Puuk, Kecamatan Panteraja, Pidie Jaya (Pijay), amblas sepanjang 15 meter pada Sabtu (25/2) malam, saat hujan deras mengguyur kawasan itu.

Warga Gampong Lhok Puuk, Mukhtar, Minggu (26/2) mengatakan, amblasnya tebing sungai ini mengancam permukiman warga yang berlokasi tak jauh dari tebing sungai. “Lima rumah warga yang berada 8-13 meter dari sungai terancam ambruk, jika erosi yang membuat amblasnya tanggul ini terus terjadi,” kata Mukhtar, Minggu (26/2).

Lahan pemakaman umum milik gampong itu yang terpaut 15 meter dari sungai juga terancam hilang ditelan erosi. “Jika tidak dibangun talud pengaman, permukiman warga serta kompleks kuburan umum akan menjadi korban abrasi,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir, meningkatkan kekhawatiran warga yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai (DAS) terhadap bencana banjir dan longsor.

Kepala BPBD Pidie Jaya, M Nasir MPd mengatakan, pihaknya segera menurunkan tim ke lokasi untuk melakukan pendataan dan dokumentasi untuk pengusulan proyek penguatan tebing sungai yang akan diajukan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat.

“Penanganan pembangun tebing sungai Krueng Panteraja yang ambruk dapat disulkan ke BNPB untuk selanjutnya direalisasikan pada tahun 2018 mendatang, setelah turunnya tim dari BNPB untuk melakukan pengecekan ke lokasi,” ujarnya.

M Nasir tidak menyebutkan kenapa penanganan tanggul ini tidak bisa dilakukan segera dengan sumber dana Pemkab Pijay atau Pemerintah Provinsi Aceh. Mengingat, amblasnya tanggul sungai ini bisa membawa bencana, sebelum turunnya anggaran dari pemerintah pusat.

Warga berharap, pemerintah kabupaten tidak selalu bergantung pada pemerintah pusat, yang hanya menunjukkan ketidakmampuan pemerintah kabupaten mengatasi persoalan di daerahnya.(c43) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id