TRK Gugat ke MK | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

TRK Gugat ke MK

TRK Gugat ke MK
Foto TRK Gugat ke MK

* Terkait Hasil Pilkada Nagan Raya

 SUKA MAKMUE ‑ Pasangan calon bupati/wakil bupati Nagan Raya, Teuku Raja Keumangan SH MH dan H Said Junaidi SE, melalui kuasa hukumnya, Jumat (24/2) sekitar pukul 21.00 WIB, mendaftarkan gugatan sengketa Pilkada Nagan Raya ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Teuku Raja Keumangan yang dihubungi Serambi, Sabtu (25/2), mengatakan, gugatan tersebut diajukan karena pihaknya menilai pelaksanaan Pilkada Nagan Raya sarat engan kecurangan dan pelanggaran.

“Kita bukannya tidak mengakui kekalahan, karena dalam setiap pertandingan pasti ada yang kalah dan menang. Namun kalau ada pelanggaran dan ketidakadilan, itu tak bisa kita terima,” kata pria yang akrab disapa TRK ini.

Pelanggaran yang dia maksudkan, di antaranya adalah dugaan adanya penggelembungan suara. Hal ini diketahui ketika dilakukan rapat pleno di tingkat kecamatan (PPK), terlihat tim panitia pemungutan suara tidak mau memperlihatkan daftar hadir pemilih untuk dicocokan dengan jumlah warga yang memilih.

“Misalnya dalam satu TPS ada pemilih 100 orang, namun diduga yang meneken daftar hadir menjadi 120 orang. Ini yang kita duga ada pelanggaran,” tegasnya.

Pelanggaran lain, sebut TRK, jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) Nagan Raya dalam Pilkada tahun 2017 sebanyak 199.000 lebih, sementara warga yang memberikan hak suara hanya sekitar 89.000 lebih. Diduga ada sekitar 20.000 warga yang tidak memberikan hak suaranya.

“Kita menduga, banyak warga yang tak memilih karena ada keterlibatan pihak penyelenggara yang melakukan permainan,” tudingnya. Tuduhannya itu didasarkan atas banyaknya warga yang tidak mendapatkan undangan untuk memberikan hak suara.

“Atas dasar temuan tersebut, kami terpaksa melakukan gugatan ke MK dengan harapan mendapatkan keadilan,” demikian Teuku Raja Keumangan.

Informasi yang diakses Serambi di website MK, tercatat ada 11 berkas permohonan sengketa pilkada yang diajukan. Dua di antaranya dari Aceh, yakni dari Nagan Raya, Teuku Raja Keumangan-H Said Junaidi, dan dari Gayo Lues atas nama pemohon Abd Rasad‑Rajab Marwan (SARAMA).

MK membuka pendaftaran sengketa Pilkada tahap pertama sejak 22 Februari dan ditutup pada 24 Februari. Pendaftaran tahap pertama ini dikhususkan pada tingkat kabupaten dan kota. Lalu, untuk tingkat provinsi akan dilaksanakan pada 25 hingga 27 Februari.

Tahapan selanjutnya, MK akan memeriksa kelengkapan permohonan dari tanggal 2 hingga 3 Maret nanti dan baru akan disidangkan pada tanggal 16 Maret sampai 22 Maret.(edi) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id