BMKG: Waspadai Banjir dan Angin Kencang   | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

BMKG: Waspadai Banjir dan Angin Kencang  

BMKG: Waspadai Banjir dan Angin Kencang   
Foto BMKG: Waspadai Banjir dan Angin Kencang  

LHOKSUKON – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lhokseumawe mengimbau warga Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara, Bireuen, dan Pidie Jaya (Pijay), waspada terhadap angin kencang dan hujan lebat yang diprediksi terjadi pada akhir Februari ini.

 “Diperkirakan potensi hujan akan meningkat dalam tiga hari ke depan, khususnya di wilayah timur Aceh seperti Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Bireun dan Pidie Jaya,” ujar Prakirawan BMKG Lhokseumawe, Kharendra Muiz kepada Serambi, Sabtu (25/3).

Masyarakat diharapkan mewaspadai potensi peningkatan curah hujan yang dapat disertai angin kencang, sebab berpotensi mengakibatkan banjir, tanah longsor, banjir bandang maupun genangan. “Dari tinjauan kondisi atmosfer terdeteksi adanya aliran udara basah dari Samudera Hindia dan Laut Cina Selatan yang menyebabkan wilayah Aceh cenderung dalam kondisi yang cukup basah,” kata Kharendra.  Munculnya area sirkulasi tertutup di perairan barat Aceh dan  pertemuan massa udara sepanjang Langsa hingga Pijay, kata Kharendra, mengakibatkan kondisi udara menjadi tidak stabil sehingga berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Kondisi tersebut didukung dengan kuatnya monsun Asia dan cukup hangatnya suhu muka laut perairan Aceh yang menyebabkan wilayah udara basah terkonsentrasi di sekitar pesisir timur, utara dan barat Aceh. “Kita harapkan di akhir Februari ini, warga berhati-hati akan potensi tersebut,” pungkasnya.(jaf) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id