Warga tak Memilih di Pidie Capai 86 Ribu   | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga tak Memilih di Pidie Capai 86 Ribu  

Warga tak Memilih di Pidie Capai 86 Ribu   
Foto Warga tak Memilih di Pidie Capai 86 Ribu  

SIGLI ‑ Jumlah warga di Kabupaten Pidie yang masuk dalam Dadtar Pemilih Tetap namun tidak mencoblos pada pemilihan cabup‑cawabup dan cagub‑cawagup pada pilkada tahun 2017, mencapai 86.000 orang.

Angka tersebut diperoleh dari jumlah pemilih tetap (DPT) sebanyak 296.096 dikurangi jumlah suara sah serta tidak sah hasil penghitungan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie, empat hari lalu yang hanya berjumlah 209.307.

Anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Pidie, Munawir,  Sabtu (25/2) menduga, banyaknya masyarakat yang tidak mencoblos pada Pilkada kali ini akibat kurangnya sosialisasi dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) selaku penyelenggara. “KIP idealnya harus lebih proaktif mengajak masyarakat dalam berpartisipasi menentukan pemimpin mereka,” katanya.

Namun, Munawir sendiri tidak memiliki data pembanding jumlah warga yang tidak memilih pada Pilkada lima tahun lalu. Sehingga Munawir tidak bisa menjelaskan apakah partisipasi warga dalam Pilkada 2017 ini menurun atau meningkat dari pelaksanaan Pilkada tahun 2012.

Terkait hal ini, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pencalonan pada KIP Pidie, Teuku Samsul Bahri mengatakan, setiap warga negara berhak menentukan apakah akan memilih atau golput. “Yang penting mereka terdaftar di DPT,” ujarnya.(naz) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id