1.020 TNI/Polri Kawal Pleno KIP | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

1.020 TNI/Polri Kawal Pleno KIP

1.020 TNI/Polri Kawal Pleno KIP
Foto 1.020 TNI/Polri Kawal Pleno KIP

* Hari Ini di DPRA

BANDA ACEH – Sebanyak 1.020 aparat gabungan TNI/Polri disiagakan untuk mengawal rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan calon gubernur/wakil gubernur di Gedung DPRA, Banda Aceh, Sabtu (25/2) hari ini.

Rapat pleno digelar Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh untuk mengesahkan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan gubernur/wakil gubernur Aceh di 23 kabupaten/kota.

Jumlah 1.020 personel yang dikerahkan itu terdiri atas 200 personel Brimob Polda Aceh, 240 personel gabungan Polda Aceh, 277 personel Polresta Banda Aceh, 253 prajurit TNI Kodam Iskandar Muda (IM), dan 50 prajurit TNI dari Kodim 0101/BS. Semua personel tersebut akan bertugas mengawal sebagaimana prosedur tetap (protap) yang telah disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Goenawan kepada Serambi, Jumat (24/2) mengatakan, kekuatan pengamanan Pilkada Aceh di semua tahapan dilakukan sebagaimana yang telah diatur dalam instruksi operasi dengan sandi Mantap Praja Rencong Polda Aceh. Semua alokasi personel, menurutnya, telah ditentukan dalam operasi tersebut yang melibatkan personel Polri jajaran Polda Aceh dan prajurit TNI jajaran Kodam IM.

“Kita akan mengawal jalannya rapat pleno rekapitulasi tersebut besok (hari ini -red). Personel yang dikerahkan gabungan antara TNI/Polri, ada dari Polda Aceh, Polresta Banda Aceh, Kodam IM, dan juga Kodim 0101/BS. Semua personel yang dikerahkan akan bertugas sesuai instruksi dan bertugas di tempat yang telah ditentukan,” kata Goenawan.

Khusus untuk personel Brimob BKO kata Goenawan, akan mengawal jalannya rapat pleno tersebut dengan bersenjata lengkap. Personel ini disebut dengan personel inti yang diandalkan untuk satuan tindak atau satuan pemukul jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Terhadap segala macam ancaman atau gangguan yang bisa mengacaukan jalannya rapat tersebut, akan ditanggulangi oleh personel ini. Mereka bersenjata lengkap,” ujar Goenawan.

Khusus untuk personel Polri, katanya, bukan hanya personel Brimob BKO, tapi juga ada personel satuan lalu lintas yang siap mengatur arus lalu lintas selama rapat itu berlangsung di Gedung DPRA.

Sebagaimana diketahui, hari ini beberapa ruas jalan di kawasan di DPRA terpaksa ditutup untuk pengamanan range I, selama berlangsungnya rapat pengesahan suara pemilihan gubernur/wakil gubernur Aceh tersebut. (Baca: Selama Pleno, Jalur Ini Ditutup)

“Kami mohon maaf kepada masyarakat, karena besok (hari ini -red) ada beberapa jalan di Banda Aceh khusus yang dekat dengan gedung DPR harus ditutup sementara, ini bertujuan untuk mengidentifikasi atau membatasi orang-orang yang masuk ke sana. Kita melakukan itu untuk memastikan keamanan,” ujar Goenawan.

Selain personel Brimob dan satua lalu lintas, Polda Aceh juga mengerahkan satu kompi pasukan pengendalian massa (dalmas) Polda Aceh dan Polresta Banda Aceh.

Menurutnya, operasional untuk pasukan dalmas langsung di bawah Direktur Sabhara Polda Aceh, sedangkan rencana pengendalian di bawah Karo Ops Polda Aceh. “Ada juga pasukan yang melekat khusus sejak hari ini (kemarin -red), intel dan lain-lain yang tidak mungkin kita sebutkan satu per satu, karena ini kebijakan dari protap kita,” sebutnya.

Ditanya apakah ada potensi kericuhan atau pergerakan massa dalam rapat pleno besok, Goenawan menyebutkan hingga kemarin bisa dipastikan tidak ada. Namun, menurutnya, pihak TNI/Polri akan terus meng-update informasi, memonitor, evaluasi, dan deteksi dini hingga menjelang pelaksanaan rapat pleno tersebut. “Kita over-estimate, kita memprediksi situasi yang paling jelek, tapi kalau tidak terjadi apa-apa, ya alhamdulillah. Tapi kalau terjadi kita siap tindak. Kita kawal sampai selesai tahapan pilkada ini. Semoga rapat pleno penghitungan suara pilgub berjalan sukses,” pungkas Kombes Pol Goenawan. (dan) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id