KIP: Pasangan Calon tidak Diundang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

KIP: Pasangan Calon tidak Diundang

KIP: Pasangan Calon tidak Diundang
Foto KIP: Pasangan Calon tidak Diundang

SEMENTARA itu, Ketua Komisi Indepeden Pemilihan (KIP) Aceh, Ridwan Hadi yang ditanyai Serambi kemarin mengatakan, KIP Aceh telah mengundang beberapa pihak untuk menghadiri rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan calon gubernur/wakil gubernur Aceh hari ini.

Namun, KIP Aceh tidak mengundang satu pun pasangan calon (paslon) gubernur/wakil gubernur untuk hadir dalam rapat tersebut.

“Kita undang saksi pasangan calon. Maksimal dua orang yang hadir ke rapat pleno. Kalau pasangan calon tidak kita undang, tapi ini rapat terbuka, kalau pasangan calon mau datang ya silakan,” kata Ridwan Hadi menjawab Serambi.

Adapun pihak-pihak yang telah diundang untuk hadir, seperti unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh, KIP kabupaten/kota, saksi pasangan calon, Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) Aceh dan kabupaten/kota. “Kita juga mengundang pimpinan partai politik, pimpinan DPRA, ketua fraksi, ketua komisi DPRA dan beberapa expert pemilu serta LSM. Kita mengundang semuanya untuk menyaksikan langsung rapat pleno ini,” sebut Ridwan Hadi.

Ditanya apakah rapat pleno hari ini akan siap dilaksanakan satu hari, Ridwan Hadi mengatakan semoga akan siap tanpa ada kendala apa pun. Namun, jika tidak siap selama satu hari penuh, rapat pleno akan dilanjutkan kembali sesuai dengan kesepakatan peserta rapat. “Mudah-mudahan sukses, semoga tidak ada kendala apa pun. Mudah-mudahan selesai satu hari,” ujarnya.

Ridwan juga menyebutkan, rapat hari ini untuk mengesahkan rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur/wakil gubnernur Aceh di 23 kabupaten/kota. Semua KIP kabupaten/kota akan menyampaikan hasil rekapitulasi yang telah dilakukan pada 22-24 Februari di daerah masing-masing.

“Besok (hari ini -red) pengesahan rekapitulasi, sedangkan untuk penetapan calon tepilih itu nanti pada bulan Maret 2017, kemudian juga diberi waktu selama tiga hari kerja jika ada yang ingin mengajukan sengketa,” pungkas Ridwan Hadi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, 23 KIP kabupaten/kota di Aceh telah melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan calon gubernur/wakil gubernur di masing-masing daerah. Dari hasil tersebut, pasangan calon gubernur/wakil gubernur Tarmizi Karim memperoleh suara sebesar 406.845, Zakaria Saman-T Alaidinsyah (132.981), Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab (41.808), Zaini-Nasaruddin (167.900), Muzakir Manaf-TA Khalid (766.427), dan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah (898.764). (dan) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id