Tolak Pleno KIP, Saksi Mualem-TA Tinggalkan Ruangan Sidang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tolak Pleno KIP, Saksi Mualem-TA Tinggalkan Ruangan Sidang

Tolak Pleno KIP, Saksi Mualem-TA Tinggalkan Ruangan Sidang
Foto Tolak Pleno KIP, Saksi Mualem-TA Tinggalkan Ruangan Sidang

URI.co.id, BANDA ACEH – Suadi Sulaiman (Adi Laweueng) dan Wen Rimba Raya keluar dari ruang sidang DPRA, Sabtu (25/2/2017) pagi.

Keduanya menolak pelaksanaan rapat pleno KIP Aceh dengan agenda rekapitukasi hasil penghitungan suara pemilihan gubernur/wakil gubernur Aceh.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Adi Laweung dan Wen Rimba Raya menolak rapat pleno tersebut, karena dianggap tidak sah dan cacat hukum.

Alasan tersebut dikemukakan keduanya di hadapan Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi selaku pimpinan rapat dan komisioner lainnya.

Alasan Adi Laweung dan Wen Rimba Raya menolak pelaksanaan rapat tersebut, lantaran pihaknya atas nama tim pemenangan pasangan calon Mualem-TA Khalid menilai pelaksanaan Pilkada Aceh terjadi banyak pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara pilkada.

Atas keberatan itu, rapat pleno sempat diskor selama 10 menit, KIP Aceh meminta Panwaslih Aceh untuk berkonsultasi dengan Bawaslu Aceh.

Setelah itu, rapat kembali dilanjutkan. Atas keberatan yang disampaikan saksi pasangan calon nomor urut lima, Panwaslih Aceh meminta keduanya untuk segera menyampaikan laporan sebagaimana mestinya.

Mendengar hal itu, Wen Rimba Raya kembali menyampaikan pendapatnya.

“Kalau kami ikuti lanjutan rapat ini, berarti kami sudah melegalkan sesuatu yang salah untuk kepentingan yang salah,” ujarnya.

“Izinkan kami keluar meninggalkan ruangan ini,” tegas Wen Rimba Raya.

Adi Laweueng dan Wen Rimba Raya kemudian menyampaikan keberatannya melalui surat model DB1-KWK. Keduanya menyampaikan surat itu kepada pimpinan sidang, bersalaman, dan langsung meninggalkan ruangan sidang DPRA. (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id