Ribuan Warga Lhokseumawe belum Dapatkan e-KTP | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ribuan Warga Lhokseumawe belum Dapatkan e-KTP

Ribuan Warga Lhokseumawe belum Dapatkan e-KTP
Foto Ribuan Warga Lhokseumawe belum Dapatkan e-KTP

* Blangko Kosong sejak Empat Bulan Lalu

LHOKSEUMAWE – Sebanyak 8.848 warga Lhokseumawe yang sudah mengajukan permohonan ke Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) setempat, hingga saat ini belum bisa mendapatkan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Kadisdukcapil Lhokseumawe, Drs Muzakkir Sulaiman MM, Jumat (24/2) menyebutkan, kekosongan blangko e-KTP sudah terjadi lama, yakni sejak November 2016. Namun begitu, bagi masyarakat yang datang ke kantor untuk pengurusan e-KTP tetap dilayani. Proses perekaman tetap dilakukan.

“Tapi setelah selesai perekaman, kita hanya keluarkan surat keterangan sementara sambil menunggu keluarnya blangko e-KTP. Sedangkan data pemohon yang sudah terekam tersebut tetap kita kirim ke pusat,” jelasnya.

Ditanya kapan kira-kira blangko kembali tersedia, Muzakkir tidak bisa memastikan. Karena sampai saat ini pihaknya belum mendapat informasi dari pusat. “Kita tunggu saja. Saat blangko sampai, pasti e-KTP akan langsung kita cetak untuk yang sudah melakukan perekaman,” katanya.

Ia merincikan, jumlah penduduk Kota Lhokseumawe saat ini tercatat 194.943 jiwa. Dari jumlah itu yang wajib memiliki KTP 127.609 jiwa. Warga yang sudah melakukan perekaman e-KTP 114.048 jiwa, dan yang sudah menerima e-KTP 105.200 orang.

“Artinya, sampai saat ini, dari jumlah penduduk yang wajib memiliki KTP tapi belum melakukan perekaman data untuk e-KTP sekitar 13.561 jiwa,” demikian Muzakkir.(bah) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id