Saksi Mualem-TA Khalid Tolak Pelaksanaan Rapat Pleno KIP | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Saksi Mualem-TA Khalid Tolak Pelaksanaan Rapat Pleno KIP

Saksi Mualem-TA Khalid Tolak Pelaksanaan Rapat Pleno KIP
Foto Saksi Mualem-TA Khalid Tolak Pelaksanaan Rapat Pleno KIP

URI.co.id, BANDA ACEH – Suadi Sulaiman (Adi Laweueng) dan Wen Rimba Raya, Saksi dari pasangan calon gubernur/wakil gubernur nomor urut lima, Muzakir Manaf-TA Khalid menyampaikan pendapatnya pada sidang pleno KIP Aceh di gedung DPRA, Sabtu (25/2/2017).

Keduanya menolak pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan gubernur/wakil gubernur Aceh, yang digelar KIP Aceh di DPRA hari ini.

Pendapat ini awalnya disampaikan oleh Wen Rimba Raya di awal pembukaan sidang oleh Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi.

“Interupsi pimpinan, kami atas nama Partai Aceh sangat setia mengikuti aturan hukum yang berlaku di NKRI. Kami merasa tersentak pimpinan, di mana terjadi pelanggaran yang masif dan terstruktur di lapangan oleh penyelenggara pemilu,” kata Wen Rimba Raya.

Wen Rimba Raya mengemukakan, terlah terjadi pelanggaran, salah satunya pihak penyelenggara pilkada tidak melaksanakan tugas sebagaimana mestinya. Di mana, ada tahapan pengumuman C1 yang diamanahkan dalam Undang-undang Nomor 15 pasal 4 huruf a.

“Seharusnya PPS mengumumkan hasil dan ditempel di meunasah-meunasah. Tapi itu tidak dilakukan,” kata Wen Rimba Raya.

Wen Rimba Raya juga menyebutkan beberapa pelanggaran lainnya yang terjadi sangat masif dan terstruktur di beberapa kabupaten/kota saat pelaksanaan pilkada beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Adi Laweueng mengatakan, rapat pleno yang digelar tersebut cacat hukum dan tidak sah. “Kami nyatakan cacat hukum dan tidak sah. Kami Menolak pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghutungan suara ini,” pungkas Adi Laweung. (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id