DulSaza Menang di Singkil | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

DulSaza Menang di Singkil

DulSaza Menang di Singkil
Foto DulSaza Menang di Singkil

URI.co.id, SINGKIL –  Pasangan calon bupati/wakil bupati Aceh Singkil, nomor urut 3 Dulmusrid-Sazali (DulSaza) menjadi pemenang dalam Pilkada di Kabupaten itu. Setelah dalam rapat pleno rakapitulasi suara di Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Singkil, Kamis (23/2/2017) yang berakhir pukul 23.30 WIB, mearih 26.000 suara.

Posisi dua diraih Safriadi-Sariman dengan 23.352 suara, berikutnya Yakarim Munir-Roesman Hasmy 8.675 suara dan Putra Ariyanto-Hendri Syahputra 2.454 suara. Total suara sah 60.481, suara tidak sah 1.235 total suara sah dan tidak sah 61.716 suara.

Pleno rekap suara yang dipimpin Ketua KIP Aceh Singkil, Yarwin Adi Dharma, berjalan alot dipenuhi perdebatan panjang antara saksi dengan penyelenggara. Sehingga rekap pun berlangsung hingga larut malam.

Sementara itu, Samsudin, SH saksi calon nomor 1 Safriadi-Sariman, menyatakan menolak seluruh hasil rekap suara. Ia menilai rekapitulasi tidak berlangsung secara adil lantaran tidak memberikan alat pembanding suara yang diajukan. “Kami menolak seluruh hasul rekap, karena kami anggap rekap tidak per,” kata Samsudin yang selalu meminta tong suara dibuka.

Hal yang sama juga disampaikan Abdul Gafur, saksi Putra Ariyanto-Hendri Syahputra. Menurutnya proses rekapitulasi tidak berpihak kepada saksi, terutama pihaknya. Irwansyah saksi pasangan Yakarim-Munir Roesman Hasmy, meminta KIP melakukan evaluasi kinerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PKK). Agar siapapun yang terpilih menjadi bupati terbaik.

Kemudian pasangan nomor tiga melalui saksinya Chaidir Harahap, menyarankan kedepan saksi kandidat bupati menyiapkan saksi dengan SDM berkualitis. Menurutnya kekeliruan yang ditemukan bukan untuk memukul lawan. “Proses yang terjadi ini menjadi intropeksi bagi kita semua,” ujarnya. (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id