Ini Hasil Pleno KIP Se-Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ini Hasil Pleno KIP Se-Aceh

Ini Hasil Pleno KIP Se-Aceh
Foto Ini Hasil Pleno KIP Se-Aceh

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) di 23 kabupaten/kota di Aceh, Kamis (23/2) kemarin, telah menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada 2017, baik untuk level provinsi maupun kabupaten/kota.

Berdasarkan jadwal dan tahapan yang ditetapkan KIP Aceh, kegiatan rekapitulasi dan pengumuman hasil perhitungan suara tingkat kabupaten/kota untuk pemilihan gubernur/wakil gubernur berakhir pada 24 Februari hari ini. Tahapan selanjutnya adalah rekapitulasi, penetapan, dan pengumuman hasil penghitungan suara tingkat provinsi untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada, tanggal 25-27 Februari.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi, kepada Serambi dua hari lalu mengatakan, pleno rekapitulasi, penetapan, dan pengumuman hasil penghitungan suara calon gubernur/wakil gubernur akan dilaksanakan pada, Sabtu (25/2), di Gedung DPRA, Banda Aceh. “Hari itu nanti langsung dibacakan total suara yang diperoleh keenam pasangan calon gubernur/wakil gubernur dari 23 kabupaten/kota di Aceh,” ujarnya.

Wartawan Serambi dari seluruh Aceh melaporkan, sebanyak 15 KIP kabupaten/kota menggelar pleno pada Rabu (22/2). Hingga Rabu sore, sebanyak 13 kabupaten/kota berhasil menyelesaikan rekap hasil penghitungan suara. Yakni Kota Banda Aceh, Kota Langsa, Aceh Jaya, Aceh Barat, Simeulue, Nagan Raya, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Gayo Lues, Aceh Utara, Aceh Tamiang, dan Aceh Singkil.

Sedangkan rekap hasil penghitungan suara untuk dua kabupaten lagi, yakni Aceh Tengah dan Aceh Tenggara, baru selesai menjelang tengah malam.

Sementara itu, sebanyak delapan kabupaten/kota menggelar rapat pleno pada, Kamis (23/2). Yaitu Aceh Barat Daya (Abdya), Kota Sabang, Kota Subulussalam, Kota Lhokseumawe, Aceh Besar, Aceh Timur, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, dan Bener Meriah.

Irwandi unggul
Hasil pleno KIP 23 kabupaten/kota menunjukkan, pasangan calon gubernur Aceh nomor urut 6, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah unggul dalam perolehan suara di 14 daerah. Yaitu, Aceh Tamiang, Kota Langsa, Banda Aceh, Bireuen, Gayo Lues, Aceh Singkil, Simeulue, Nagan Raya, Aceh Besar, Sabang, Subulussalam, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, dan Bener Meriah.

Sementara pasangan calon nomor urut 5, Muzakir Manaf dan TA Khalid, meraup suara terbanyak di delapan kabupaten/kota, yaitu, Aceh Barat, Pidie Jaya, Aceh Utara, Pidie, Aceh Jaya, Aceh Timur, Aceh Selatan, dan Lhokseumawe.

Sementara satu kabupaten lainnya, yaitu Aceh Barat Daya, dikuasai oleh pasangan nomor urut 1, Ir Tarmizi A. Karim MSc dan Ir H T Machalmina MM.

Dini hari
Dari Takengon dilaporkan, rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh serta Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah yang dilaksanakan KIP setempat, berlangsung hingga dini hari. Dimulai pada, Rabu (22/2) sekira pukul 11.00 WIB, baru selesai pada, Kamis (23/2) dini hari, sekira pukul 03.00 WIB.

Ketua KIP Kabupaten Aceh Tengah, Marwansyah kepada Serambi Kamis (23/2) mengatakan, hasil rekapitulasi perolehan suara gubernur dan wakil gubernur Aceh, diserahkan ke KIP Aceh. “Sekarang kita sedang mengantarkan hasil rekapitulasi ke KIP Aceh. Sepanjang pleno rekapitulasi, relatif berjalan lancar, meski ada beberapa komplain,” ujarnya.(nal/lid/az/c49/as/c51/my/c50/tz/awi/bah) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id