Jamin Idham-Chalidin Unggul | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jamin Idham-Chalidin Unggul

  • Reporter:
  • Jumat, Februari 24, 2017
Jamin Idham-Chalidin Unggul
Foto Jamin Idham-Chalidin Unggul

* Panwaslih Tolak Rekomendasi Pilkada Ulang

SUKA MAKMUE – Pasangan nomor urut lima, HM Jamin Idham-Chalidin unggul dalam perolehan suara pada Pilkada Nagan Raya, 15 Februari 2017. Dari hasil rapat pleno KIP yang berlangsung di Aula SKB Nagan Raya, Kompleks Perkantoran Suka Makmue, pasangan ini diketahui berhasil meraih sebanyak 44.356 suara.

Sedangkan pasangan nomor urut 1, Teuku Raja Keumangan-Said Junaidi memperoleh sebanyak 34.474 suara, pasangan nomor urut 2, Faisal A Qubsy-Mustafar Cut Ali meraih 872 suara, pasangan nomor urut 3 drh Muhammad Zahed-Samsul Bahri meraih 1.267 suara, dan pasangan nomor urut 4 Nurchalis MSi-Suyanto meraih 14.746 suara.

Dalam rapat pleno tersebut, saksi dari pasangan Teuku Raja Keumangan-Said Junaidi, yaitu Teuku Ridwan, menyampaikan penolakan sepenuhnya terhadap hasil rapat pleno KIP Nagan Raya. Pihaknya menduga telah terjadi kecurangan dalam pelaksanaan Pilkada di beberapa kecamatan, seperti di Kecamatan Darul Makmur, Tripa Makmur serta Kecamatan Kuala Pesisir.

Sementara itu, empat saksi dari pasangan calon lain menyatakan menerima seluruh hasil perolehan suara, serta mengapresiasi kinerja penyelenggara KIP Nagan Raya. Mereka juga mengakui menerima kekalahan dengan lapang dada.

Ketua KIP Nagan Raya, Muhammad Yasin, usai rapat pleno menyatakan rapat pleno berjalan lancar meski ada penolakan dari salah satu saksi pasangan calon. Apalagi, saksi dari empat pasangan calon lain menerima hasil pleno. “Apabila ada pihak kurang puas dengan hasil pleno ini, silahkan menempuh jalur hukum yang ada,” kata Muhammad Yasin.

Sementara itu, Panwaslih Nagan Raya menolak memberikan rekomendasi Pilkada ulang, sesuai tuntutan dari tim sukses pasangan nomor urut 1, Teuku Raja Keumangan-Said Junaidi.

Dalam salinan surat Panwaslih yang diterima Serambi, Kamis (23/2), disebutkan bahwa alasan hukum yang dijadikan pertimbangan dalam penolakan tersebut di antaranya adanya ketidaksesuaian antara alasan dengan permohonan yang diajukan timses TRK-Said Junaidi sehingga objek dari laporan dan permohonan terseut dinilai kabur (error in objecto).

Alasan lain, laporan yang diajukan timses tersebut juga tidak memenuhi unsur sebagaimana diatur dalam Pasal 59 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, Nomor 10 Tahun 2015 tentang Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2016 tentang perubahan peraturan KPU sebelumnya.

“Berdasarkan kajian terhadap beberapa alasan dan permohonan yang diuraikan para surat laporan sebelumnya, maka Panwaslih Nagan Raya menegaskan bahwa tidak bisa melanjutkan dan menolak permohonan rekomendasi yang diajukan oleh Tim Pemenangan pasangan Teuku Raja Keumangan SH MH dan Said Junaidi,” bunyi surat tersebut yang ditandatangani ketua Panwaslih Nagan Raya, Jufrizal, dan anggotanya Said Tabrani SSos, Damanharius SPd, Hasbi SP, serta Miza Irmawan SKom.(edi) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id