Warga Demo Kantor Panwaslih Bireuen | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga Demo Kantor Panwaslih Bireuen

Warga Demo Kantor Panwaslih Bireuen
Foto Warga Demo Kantor Panwaslih Bireuen

BIREUEN – Massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat dan Pemuda Bireuen, berdemo ke Kantor Panwaslih Bireuen, Kamis (23/2). Mereka menuntut Panwaslih mengusut tuntas dugaan politik uang yang dilakukan Saifannur/Muzakkar A Gani, pasangan calon (paslon) bupati/wakil bupati yang memperoleh suara terbanyak pada Pilkada 15 Februari 2017.

Pantauan Serambi, awalnya massa berkumpul di halaman Masjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen. Sekitar pukul 11.40 WIB, massa yang terdiri dari kaum perempuan dan laki-laki, berjalan kaki ke Kantor Panwaslih Bireuen di Jalan Simpang Adam Batre yang berjarak sekitar satu kilometer.

Tiba di kantor panwaslih, massa disambut Kapolres Bireuen AKBP Heru Novianto SIK dan Dandim 0111/Bireuen Letkol Arm Adekson SIP. Sementara di kantor panwaslih, ratusan polisi/TNI bersenjata lengkap melakukan pengawalan. Juga disiagakan satu mobil water canon.

Selain soal dugaan politik uang, massa juga mempertanyakan kepada penyelengara pemilu kenapa pasangan Saifannur/Muzakar bisa lolos sebagai calon bupati Bireuen. Padahal salah seorang dari mereka tidak memenuhi syarat karena dua kali tidak lulus tes kesehatan di RSUZA Banda Aceh. Tapi kenapa setelah ada putusan Mahkamah Agung, KIP menetapkan Saifannur/Muzakkar sebagai paslon nomor 6.

Ketua Panwaslih Bireuen, Muhammad Basyir saat menemui pendemo mengatkan pihaknya akan memproses laporan yang masuk sesuai PKPU 2016 dan Perbawaslu RI Nomor 14 tahun 2016, Peraturan Kapolri Nomor 1/2016 dan kejaksaan RI Nomor 1/2016 tentang sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Saat ini kami sedang memproses 22 laporan terkait dugaan politik uang yang dilakukan oleh paslon yang memperoleh suara terbanyak. Kami akan mengusutnya sampai tuntas bersama tim Gakkumdu,” katanya. Aksi itu berakhir pukul 14.15 WIB. Massa membubarkan diri dan kembali ke Masjid Agung Bireuen dengan berjalan kaki secara tertib dan aman.(c38) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id