Qatar Akan Bangun RS di Pijay | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Qatar Akan Bangun RS di Pijay

Qatar Akan Bangun RS di Pijay
Foto Qatar Akan Bangun RS di Pijay

MEUREUDU – Pemerintah Qatar bersama Kedutaan Besar (Kedubes) RI di Qatar berencana membangun Rumah Sakit (RS) untuk menggantikan RSU Pidie Jaya (Pijay) yang rusak berat akibat bencana gempa bumi akhir tahun 2016 lalu. Padahal, Rumah Sakit Umum (RSU) Pijay dengan konstruksi tiga lantai ini barus selesai dibangun tahun 2015 lalu melalui dana Otonomi Khusus (Otsus).

Pemerintah Qatar pun prihatin atas bencana ini, dan berencana menyalurkan dana untuk membantu upaya rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa. “Negara Qatar sangat aktif memberikan bantuan sosial dan pendidikan ke Indonesia, khususnya pada bidang pengembangan dan pemulihan daerah yang terlanda bencana. Termasuk rencana mendirikan rumah sakit di Kabupaten Pidie Jaya pascabencana,” kata Dubes RI untuk Qatar, Marsekal Madya (Purn) Muhammad Basri Sidehabi, Kamis (23/2).

Program pembangunan RS untuk Pijay itu terungkap dalam pertemuan antara Dubes RI dengan dengan Menteri Urusan Islam dan Waqaf (MUIW) Qatar, HE Dr Ghaith bin Mubarak Ali Omran Al-Kuwari pada Rabu (22/2).

Dalam siaran pers yang diterima Serambi, kemarin, Muhammad Basri mengatakan, dalam pertemuan itu Menteri Urusan Islam dan Waqaf, Al Kuwari siap membantu upaya pemulihan pascabencana di Pijay. Tim survey dari Qatar Charity juga telah mengunjungi tiga lokasi di Pidie Jaya untuk mencari tempat yang cocok untuk mendirikan rumah sakit sebagai kontribusi sosial masyarakat Qatar.(c43) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id