Aparat Mulai Siaga di TPS | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Aparat Mulai Siaga di TPS

Aparat Mulai Siaga di TPS
Foto Aparat Mulai Siaga di TPS

* Polisi, Linmas dan Kendaraan Tempur Dikerahkan

BLANGPIDIE – Aparat Polri/TNI dan Linmas mulai bersiap siaga mengawal jalannya proses pemungutan suara pilkada 2017 di wilayah pantai barat selatan Aceh pada Rabu (15/2) besok. Sejak kemarin aparat mulai bergerak menuju berbagai wilayah dan lokasi tempat pemungutan suara (TPS). Dari Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilaporkan Pemkab setempat menggelar apel siaga pilkada yang diikuti 500 personel Linmas.

“Petugas bertanggung jawab penuh membantu polisi menjaga keamanan dan ketertiban di lokasi TPS selama pemungutan suara berlangsung,” kata Plt Sekda Abdya Thamrin saat apel siaga penyerahan Satuan Linmas kepada Polres Abdya kemarin. Dia menegaskan petugas Linmas bertanggung jawab mengamankan pilkada dimulai dari membawa dan mengawal ketat kotak suara serta logistik pemilu ke TPS hingga mengantarkannya kembali ke KIP Abdya.

Thamrin menegaskan Pemkab Abdya menyerahkan 500 anggota Linmas kepada Polres Abdya yang ditempatkan di 250 TPS yang tersebar dalam Kabupaten Abdya. Kasatpol PP dan WH Abdya Riad mengatakan sebelum diserahkan kepada Polres Abdya, 500 personel Linmas telah mendapat pembekalan dan keterampilan. Apel siaga dihadiri Kapolres Abdya AKBP Hairajadi, Wakapolres Abdya, dan para perwira di lingkungan Polres Abdya, serta para Kapolsek di sembilan kecamatan di Abdya.

Dari Calang, Ibukota Kabupaten Aceh Jaya dilaporkan Pemkab setempat kemarin menyerahkan 366 personel Linmas kepada Polres Aceh Jaya dalam apel siaga pilkada yang turut dihadiri Bupati Aceh Jaya Azhar Abdurrahman, Kapolres AKBP Riza Yulianto serta Dandim 0114 Letkol Kav Haerus Shaleh. Personel Linmas ini bertugas membantu polisi mengamankan TPS pada hari pencoblosan 15 Februari (besok).

“Linmas sebagai garda terdepan pengamanan TPS diharap mampu mengendalikan semua keadaan di lapangan, mengingat kesuksesan pilkada serentak adalah kesuksesan kita bersama,” kata Azhar Abdurrahman. Sementara itu Kapolres Aceh Jaya AKBP Riza Yulianto menjelaskan anggota Linmas tersebut akan bertugas di 183 TPS yang tersebar di 172 desa di Aceh Jaya dimana setiap TPS dikawal dua orang Linmas.

Sedangkan dari Kabupaten Aceh Singkil dilaporkan Polres setempat menempatkan sekitar 456 personel untuk mengamankan tempat pemungutan suara (TPS) di Aceh Singkil dan Subulussalam. Pergeseran pasukan tersebut berlangsung di lapangan olahraga Mapolres di Kampung Baru, Singkil Utara, Senin (13/2).

“Jangan pertaruhkan keluarga, masa depan bangsa dan negara ini hanya untuk kepentingan sesaat,” tegas Kapolres Aceh Singkil AKBP Ian Rizkian mengingatkan anggotanya agar memahami tugas yang telah diberikan. Ia juga meminta anggota menjaga kondisi fisik serta mental selama bertugas. Hindari perbuatan yang dapat menimbulkan kesan negatif baik kepada masyarakat maupun kesatuan. “Laksankan tugas sebagai ibadah,” kata AKBP Ian.

Kapolres juga memerintahkan personel yang bertugas di TPS agar mencatat sisa surat suara yang tidak digunakan serta juga mencatat dan melaporkan perolehan suara masing-masing kandidat. Data itu sebutnya diperlukan sebagai pembanding. Personel sebanyak 456 akan ditempatkan di setiap TPS yang ada di wilayah hukum Polres Aceh Singkil, yaitu Kota Subulussalam dan Kabupaten Aceh Singkil.

Sementara itu Kodim 0114 Aceh Jaya menyiagakan dua unit kendaraan tempur (Ranpur) Anoa 2 produksi Pindad yang dilengkapi senjata mesin berat kaliber 12,7 MM. Masing-masing kendaraan itu diawaki sepuluh orang prajurit Yonkav 11/MSC. Kendaraan itu saat ini telah aktif melaksanakan patroli di Aceh Jaya dalam rangka mendukung pengamanan pilkada 2017.

Komandan Kodim 0114 Aceh Jaya Letkol Kav Haerus Shaleh, Senin (13/2) mengatakan daerah setempat mendapat dukungan kekuatan dua unit kendaraan tempur di bawah kendali Kodim yang aktif melaksanakan patroli bersama prajurit Kodim, Kompi D dan E Yonif 116/GS, Yonkav 11/MSC demi memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menghadapi pesta demokrasi pilkada di Aceh Jaya.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berpartisipasi wujudkan pilkada yang aman, nyaman dan damai. Selamat melaksanakan pesta demokrasi dan pilih sesuai hati nurani. TNI dan Polri siap mengamankan pelaksanaan pilkada,” kata Dandim. (c50/nun/c45/de) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id