Pilih Sesuai Hati Nurani, Jangan Golput | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pilih Sesuai Hati Nurani, Jangan Golput

Pilih Sesuai Hati Nurani, Jangan Golput
Foto Pilih Sesuai Hati Nurani, Jangan Golput

* Imbauan KIP Aceh Utara

LHOKSUKON – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Utara yang sudah memiliki hak memilih untuk dapat mempergunakan pada Rabu (15/2/2017) dengan cara mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah ditentukan. Tujuannya untuk memilih atau mencoblos salah satu dari empat pasangan calon bupati/wakil bupati Aceh Utara, serta salah satu dari enam pasangan calon gubernur/wakil gubernur Aceh periode 2017-2022.

Empat pasangan calon Bupati Aceh Utara adalah nomor urut 1 H Muhammad Thaib/Fauzi Yusuf, nomor urut 2 Ir. Muhammad Nasir/Ir. H. T Muttaqin, MM, nomor urut 3 Syamsuddin Ayah Panton/Muhammad Jamil, S.Sos, dan pasangan nomor urut 4 Fakhrurrazi H Cut/Mukhtar Daud SKH.

Pesta demokrasi tersebut dipersiapkan Ketua KIP Aceh Utara Jufri Sulaiman, S.Sos, bersama empat komisioner, M Sayuni SKM, MKes, M Rizwan Haji Ali SAg, MA, Ayi Jufridar SE MSM, dan Chairul Muchlis serta Sekretaris KIP Aceh Utara Hamdani SAg, MkomI, sejak Mei 2016 lalu. Persiapan tersebut diawali dengan perencanaan program dan penyusunan anggaran pada 22 Mei 2016.

Program dan tahapan, serta jadwal pilkada tersebut dituangkan dalam keputusan KIP Aceh Utara nomor 6 Tahun 2016. “Berbagai program dan tahapan sudah kita laksanakan, termasuk mensosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat untuk menggunakan pilihnya dari 9 sampai 15 Februari,” ujar Ketua KIP Aceh Utara, Jufri Sulaiman.

Menurut Jufri Sulaiman, sosialisasi pilkada 2017 juga melibatkan LSM agar partisipasi masyarakat dalam pilkada kali ini bisa meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga angka golongan putih (golput) bisa diminimalkan. “Memang tak ada paksaan untuk memilih. Tapi dengan menggunakan hak pilihnya itu lebih baik,” ujar Jufri.

Ditambahkan, pesta demokrasi dipersiapkan untuk masyarakat agar bisa menentukan pilihan sesuai dengan hati nuraninya, sehingga sangat disayangkan jika tidak ikut memilih. “Jadilah pemilih cerdas agar terciptanya pemilukada berkualitas dan penyelenggara yang berintegritas,” pungkas Jufri Sulaiman.

Informasi Merata
Penyebaran informasi pilkada kali ini sangat merata kepada semua elemen masyarakat, selain pemberitaan media massa, sosialisasikan pilkada 2017 sampai ke santri, yang belum tersentuh sebelumnya. Di sisi lain pilkada kali ini juga sangat minim terjadinya pelanggaran dibandingkan pilkada-pilkada sebelumnya. Karena itu, harapannya warga dapat menggunakan hak pilihnya.
* M Rizwan Haji Ali, SAg, MA, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KIP Aceh Utara.

Kepala Daerah di Ujung Jari
Kita berharap pesta demokrasi yang sudah dipersiapkan dari 2016 ini dan menunggu pencoblosan, mendapatkan respon hangat dari masyarakat untuk menentukan calon pemimpin Aceh Utara periode 2017-2022. Untuk itu, kami mengharapkan pemilih berbondong-bondong datang ke TPS. Penentuan kepala daerah ada di ujung jari pemilih, selama lima menit di TPS. Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya sebagai implementasi kedaulatan rakyat.
* Ayi Jufridar SE, MSM, Ketua Divisi Perencanaan dan Data KIP Aceh Utara.

Memilih Itu Lebih Baik
Semua kebutuhan logistik sudah kita kirim ke semua kecamatan dan hanya menunggu pemilihan saja. Karena itu kita berharap kepada semua elemen masyarakat yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan jika ada yang belum terdaftar untuk menggunakan hak pilihnya. Menggunakan hak pilih itu lebih baik daripada golput atau tidak memilih.
* Chairul Muchlis, Ketua Divisi Umum, Keuangan, dan Logistik KIP Aceh Utara.

Ajak Keluarga Memilih
Salah satu kontribusi yang diharapkan dari masyarakat yang sudah memiliki hak pilihnya untuk memanfaatkan sebaiknya, karena ajak semua keluarga yang sudah memiliki hak pilih ke TPS. Kami yakin kali ini kesadaran masyarakat untuk memilih sangat tinggi, karena itu gunakan sebaik-baiknya dalam menentukan calon pemimpin Aceh Utara dan rahasiakan pilihannya.
* M Sayuni, SKM, MKes, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KIP Aceh Utara.

Saling Berkoordinasi
Semua tahapan pilkada yang dimulai pada pertengahan 2016 sampai sekarang berjalan sesuai yang sudah ditentukan. Ini karena komisioner saling berkoordinasi dan bekerja keras siang dan malam untuk menyukseskan pilkada kali ini. Kepada warga kita harapkan gunakan hak pilihnya dengan baik dalam menentukan calon pemimpin Aceh Utara dan Aceh periode 2017-2022.
* Hamdani, SAg, MkomI, Sekretaris KIP Aceh Utara. (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id