390 TNI Disebar Amankan Pilkada | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

390 TNI Disebar Amankan Pilkada

390 TNI Disebar Amankan Pilkada
Foto 390 TNI Disebar Amankan Pilkada

* Ke Koramil di Aceh Tengah dan Bener Meriah

TAKENGON – 390 personil TNI di jajaran Dandim 0106/Aceh Tengah- Bener Meriah menggelar apel pasukan Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pam Pilkada) tahun 2017. Apel tersebut berlangsung di lapangan Makodim, jalan Lut Tawar, Kampung Bale Atu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (12/2).

Komandan Kodim 0106/Ateng-BM, Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro megatakan, 390 personil akan disebar di seluruh Koramil di jajaran Kodim 0106/Aceh Tengah- Bener Meriah. Mereka akan bertugas untuk Pam Pilkada tahun 2017 yang tinggal menghitung hari. Ia berpesan kepada segenap pihak agar menjaga proses Pilkada yang aman dan damai serta berintegritas. “390 prajurit saya akan di tempatkan di seluruh koramil di Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah,” jelas Letkol Inf Didit Hari Prasetyo.

Disebutkan, komposisi pasukan Pam Pilkada tersebut terdiri dari, 360 pasukan TNI dari jajaran Kodim 0106/Ateng – BM dan 60 prajurit dari Yonif 114/Satria Musara. Nantinya TNI akan melakukan pengamanan Pilkada bekerjasama dengan pihak kepolisian. Termasuk melakukan patroli keamanan di wilayah yang akan ditempati setiap personil TNI. “Bagi personil Pam dari Yonif 114/SM, agar melaksanakan kewajiban keamanan ditempat yang ditugaskan, serta menjalankan patroli untuk mendukung keamanan yang kondusif,” tegas Dandim.

Lebih jauh Dandim berharap bagi setiap anggota TNI agar menghindari pelanggaran yang dapat menyebabkan kerugian bagi prajurit ataupun satuan TNI. “Minimalisir pelanggaran yang dapat merugikan bagi diri sendiri dan satuan serta jaga netralitas,” harap Dandim.

Turut hadir dalam apel tersebut, Danyonif 114/SM Mayor Inf Hendry Widodo, Kasdim 0106/Ateng Mayor Inf Ade Munandar, S I Pem, seluruh Danramil dan Pasi jajaran Kodim 0106/Ateng- BM, Pjs Pasi Ops Yonif 114/SM, Lettu Inf Darmawan, Danton 1 Kipan-C Yonif 114/SM, Lettu Inf Jaya Sakti, Anggota Kodim 0106/Ateng dan Anggota Yonif 114/SM.

Sekretaris KIP Agara, Irwandi Ramud, mengajak masyarakat untuk memberikan hak suaranya guna menentukan pemimpin kabupaten dan provinsi Aceh pada 15 Februari 2017.

Menurut Irwandi, persentase golput masyarakat di Agara sangat rendah atau sekitar delapan persen. Ini sebagai bukti bahwa animo masyarakat sangat tinggi untuk memberikan hak suaranya pada saat pencoblosan kandidat calon bupati/wabup Agara dan gubernur/wagub Aceh. “Stop golongan putih (Golput). Suara rakyat sangat menentukan pemimpin lima tahun mendatang,” ujar Irwandi Ramud.

Memasuki masa tenang, kata Irwandi, APK yang dipasang masing masing paslon gubernur dan bupati Agara dan KIP Agara mulai dibersihkan. Pelaksanaan pembersihan atribut atribut kampanye itu terus berlangsung hingga 15 Februari 2017. “KIP juga telah perintahkan KPPS di desa untuk membersihkan APK masing masing paslon bupati/wabup Agara yang dipajangkan pihak KIP,” harapnya.

95 pemilih di Lapas Blangkejeren sudah terdaftar dalam daftar pemilihan tetap (DPT) Pilkada 2017 dengan menyediakan satu TPS. Para warga binaan tersebut juga telah memenuhi syarat dan berhak menggunakan serta menentukan hak pilihnya pada 15 Februari mendatang.

Kepala cabang Rutan Blangkejeren, M Idrus SH, kepada Serambi, Minggu (12/2) mengatakan, jumlah warga binaan atau nara pidana (napi) di lembaga permasyarakatan (Lapas) Blangkejeren secara keseluruhnya mencapai 169 orang. Mereka berasal dari sejumlah daerah di Aceh dan Sumatera Utama. Namun, dari jumlah itu, hanya 95 napi yang dipastikan memiliki hak pilih dan memenuhi syarat untuk ikut memilih.

“Dari jumlah warga binaan yang memenuhi syarat untuk ikut dan memilik hak pilih pada 15 Febuari itu merupakan napi asal kabupaten Galus yang ditahan selama ini di Lapas tersebut yang tersandung dalam berbagai kasus maupun perkara sebelumnya,” kata M Idrus.(c51/as/c40) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id