9 Penderita Bibir Sumbing Dioperasi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

9 Penderita Bibir Sumbing Dioperasi

9 Penderita Bibir Sumbing Dioperasi
Foto 9 Penderita Bibir Sumbing Dioperasi

* Kerja Sama Smile Train Aceh dan Serambi Indonesia

BANDA ACEH – Smile Train Aceh bekerja sama dengan Harian Serambi Indonesia, Minggu (12/2) kembali mengadakan operasi bibir sumbing. Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Sakit Malahayati Banda Aceh itu dioperasi sembilan pasien.

Operasi yang digelar dalam rangka HUT Ke-28 Serambi Indonesia merupakan yang kedua kalinya dalam tahun ini. Sebelumnya, pada Minggu (29/1) juga dioperasi sepuluh penderita bibir sumbing.

Dokter spesialis bedah plastik, dr Mirnasari Amirsyah Sp.Bp-RE kepada Serambi kemarin mengatakan, pasien bibir sumbing yang dioperasi terdiri atas tujuh anak-anak dan dua remaja. Mereka berasal dari sejumlah kabupaten/kota di Aceh.

“Pasien hari ini (kemarin-red) ada yang dioperasi bibir, langit-langit mulut, dan hidung. Pasien ada yang baru pertama kali dioperasi dan ada juga yang sudah ketiga kali,” ujar dr Mirna, kemarin.

Menurutnya, proses operasi terhadap penderita bibir sumbing dilakukan secara bertahap. Dikatakan, pasien yang dioperasi minimal berusia tiga bulan untuk bibir. Lalu, memasuki umur 10 bulan dilanjutkan dengan dioperasi langit-langit. Setelah itu, tambahnya, akan dievaluasi untuk operasi langit-langit lanjutan atau langsung memasuki latihan berbicara.

Setelah operasi, pasien akan didampingi petugas hingga mereka dapat berbicara dengan normal, tanpa ada suara sengau. Ia mengimbau, jika ada balita yang mengalami bibir sumbing segera dilaporkan ke petugas kesehatan, agar dapat dioperasi sedini mungkin. Karena, menuurutny, makin cepat dioperasi, hasilnya akan makin baik.

Muhammad Hanafiah, keluarga pasien asal Bireuen mengatakan, setelah mengetahui adanya operasi bibir sumbing di Serambi Indonesia, ia langsung menghubungi petugas Smile Train untuk mengetahui tata cara mengikuti operasi tersebut. Hanya beberapa hari kemudian, anaknya sudah dijadwalkan untuk operasi di RS Malahayati

Koordinator Smile Train Aceh, Rahmad Maulizar mengatakan, operasi bibir sumbing itu dilaksanakan secara gratis. Pasien atau orang tua pasien, menurutnya, hanya disyaratkan membawa KTP. Pasien akan ditangani dokter bedah berpengalaman.

Kepada masyarakat yang ada anggota keluarga atau tetangganya menderita bibir sumbing yang belum menjalani operasi, dapat menghubungi Smile Train Aceh di nomor 081360395730 untuk didaftarkan sebagai peserta operasi bibir sumbing gratis. “Dengan Operasi bibir sumbing ini, kita ingin membuat semua anak-anak aceh dapat tersenyum,” ujarnya.(mun) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id