Jelang Kembali ke Banda Aceh, Mahasiswa KKN USK Gelar Lomba Masak | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jelang Kembali ke Banda Aceh, Mahasiswa KKN USK Gelar Lomba Masak

Jelang Kembali ke Banda Aceh, Mahasiswa KKN USK Gelar Lomba Masak
Foto Jelang Kembali ke Banda Aceh, Mahasiswa KKN USK Gelar Lomba Masak

URI.co.id, BANDA ACEH – Jelang berakhirnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Bener Meriah, Kamis (9/2/2017) di Kampung Mutiara Baru, Kecamatan Bukit, mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) menyelenggarakan Lomba Memasak Aneka Olahan Jamur Tiram.

Ketua Panitia, Anjas Asmoro menjelaskan, lomba masak itu berlangsung di lapangan bola voli Kampung Mutiara Baru ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengolah sumberdaya yang ada di Kampung Mutiara Baru dan meningkatkan silaturahmi dan kekompakan masyarakat. Kampung Mutiara Baru merupakan penghasil terbesar jamur tiram di Kabupaten Bener Meriah.

Lebih lanjut, Anjas mengatakan bahwa lomba memasak ini diikuti oleh lima kelompok wanita dan empat kelompok pria. Masing-masing kelompok wanita terdiri dari lima orang dan masing-masing kelompok pria terdiri dari tiga orang. Mereka dinilai oleh dewa juri dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Bener Meriah dan Tim Penggerak PKK Kecamatan Bukit.

Pj Reje Kampung Mutiara Baru, Ilham Abdi SSTP mengaku sangat mendukung kegiatan lomba masak tersebut. Ia mengatakan, kegiatan ini dapat merangsang masyarakat untuk berkreasi menciptakan aneka masakan olahan jamur, peningkatan gizi, memperkaya pengetahuan masyarakat serta lebih terpenting untuk terus merangsang masyarakat agar terus berupaya meningkatkan produksi jamur tiram yang ada di Kabupaten Bener Meriah.

Saat ini di Kampung Mutiara Baru telah terbentuk Kelompok Tani Wanita dalam pengembangan usaha Jamur Tiram. Setiap harinya, produksi tiram rata-rata 20 hingga 50 kilogram yang dipasarkan ke sejumlah sentra pasar di Aceh Tengah dan Bener Meriah dengan harga Rp 40.000 hingga Rp 50.000 oer kilogram.

“Kelompok tani ini terus dibina salah satunya melalui dana desa dengan program pemberdayaan ekonomi masyarakat desa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Ilham Abdi.(**) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id