9.758 Polisi Siap Amankan TPS | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

9.758 Polisi Siap Amankan TPS

9.758 Polisi Siap Amankan TPS
Foto 9.758 Polisi Siap Amankan TPS

BANDA ACEH – Sebanyak 9.758 personel organik Polda Aceh, siap mengamankan tempat pemungutan suara (TPS) di semua kabupaten/kota, saat berlangsungnya pemungutan suara pada, Rabu 15 Februari 2017. Jumlah tersebut terdiri atas 8.918 personel dari semua polres di Aceh, ditambah 840 personel bantuan dari Polda Aceh.

Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Goenawan usai pengecekan 840 personel Polda Aceh yang akan diberangkatkan ke daerah, di Mapolda Aceh, Jumat (10/2). “Dari semua polres total personelnya 8.918, ditambah 840 personel dari Polda Aceh, jadi totalnya 9.758 personel. Semua personel ini akan mengamankan TPS di seluruh kabupaten/kota di Aceh,” kata Goenawan.

Semua personel yang ditugaskan untuk menjaga TPS ini, kata Goenawan, tidak menggunakan senjata lengkap seperti pasukan Brimob Bawah Kendali Operasi (BKO) yang telah ditempatkan ke daerah-daerah sebelumnya. Menurut Goenawan, ke-9.758 personel ini hanya mengamankan TPS yang sifatnya persuasif.

“Mereka tidak bersenjata, tapi dibackup oleh pasukan Brimob BKO bersenjata lengkap. Jadi kalau ada ancaman atau gangguan mereka akan koordinasi dan melapor ke Rayon Brimob BKO,” sebutnya.

Goneawan juga menyebutkan, total masing-masing pasukan organik yang dikerahkan oleh masing-masing polres, jumlahnya berbeda-beda, tergantung kerawanan yang sudah diperkirakan jauh-jauh hari. Menurutnya, ada delapan kabupaten yang dinilai rawan, yaitu Singkil, Banda Aceh, Pidie, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Langsa, dan Tamiang. “Untuk daerah yang rawan, difloating anggota yang lebih banyak, sesuai dengan fakta dan perkiraan intelijen khusus,” tambah Goenawan.

Semua personel tersebut, lanjut Goenawan, akan bertugas sejak 12-18 Februari atau hingga selesainya penghitungan suara di semua TPS yang ada di seluruh kabupaten/kota di Aceh. Khusus untuk 840 personel Polda Aceh yang diperbantukan ke semua kabupaten/kota, akan diberangkatkan besok dan direncanakan akan dilepas oleh Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak.

Kabid Humas juga mengimbau semua pasangan calon agar tidak berada di dekat TPS pada saat hari pencoblosan, Rabu 15 Februari nanti. “Jangan berada di dekat TPS selama tidak berkepentingan, jangan menunggu seperti petugas keamanan. Ini perlu kami tegaskan dan harus diindahkan oleh semuanya,” pungkas Kombes Pol Goenawan, seraya menambahkan pihaknya juga akan melakukan patroli di masa minggu tenang, mulai besok hingga 14 Februari nanti.(dan) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id