Duel Dua Tim Terbaik di 8 Besar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Duel Dua Tim Terbaik di 8 Besar

Foto Duel Dua Tim Terbaik di 8 Besar

DRAMA di babak 16 Besar Piala Eropa 2016 berakhir dengan kisah Islandia yang melanjutkan dongeng mereka di Prancis. Tim debutan di pentas kompetisi sepakbola antarnegara di benua Eropa ini melengkapi delapan tim yang siap menyambut jadwal babak perempat final Piala Eropa 2106.

Islandia, negara dengan jumlah penduduk hanya sekitar 330.000 jiwa itu, di luar dugaan mampu memaksa Inggris angkat koper. Padahal, semula tak banyak yang memprediksi tim dari Negeri Es itu bisa melangkah jauh sampai babak perempat final.

Kemenangan dengan skor 2-1 pada Selasa (28/6) dini hari membawa Islandia bergabung dengan tujuh tim lainnya pada babak perempatfinal. Lawan pada fase 8 besar ini pun sudah menanti, yakni tuan rumah Prancis.

Islandia sendiri kini makin termotivasi dan percaya diri usai menyingkirkan Inggris. “Perlahan tapi pasti, kami tampil makin meningkat,” kata asisten pelatih Heimir Hallgrimsson kepada Reuters. “Tapi kami masih belum menunjukan apa yang sebenarnya bisa kami lakukan,” tegasnya terkait penampilan tim asuhannya menghadapi tim tuan rumah di babak delapan besar nanti.

Laga kontra Les Bleus ini akan digelar Senin (4/7) dini hari waktu Indonesia di Stade de France, Paris. “Mudah-mudahan, permainan terbaik kami datang di laga tersebut,” tambah Hallgrimsson.

Selain duel Islandia melawan Prancis, babak delapan besar juga akan menghadirkan pertarungan dua negara kuat. Italia yang baru mengalahkan Spanyol, sudah harus menantang favorit juara lainnya, Jerman. Sementara perempatfinal lainnya menghadirkan Polandia versus Portugal, dan Wales melawan Belgia.

Mengenai duel timnya menghadapi Italia, pelatih Jerman, Joachim Loew menyebut laga ini sebagai duel dua tim terbaik di Piala Eropa 2016. “Ini adalah perempatfinal antara dua tim yang menampilkan permainan terbaik di Piala Eropa 2016 sejauh ini,” ujar Loew seperti dikutip Football Italia.

“Cara Italia bermain benar-benar impresif. Ini akan jadi pertandingan terbuka, menarik, dan intensitas tinggi. Kekalahan kami terakhir di pertandingan kompetitif melawan Italia akan membantu kami menghadapi laga Sabtu nanti,” sambungnya.

Jerman sendiri sebelumnya pernah mengalahkan Italia 4-1 pada pertandingan persahabatan pada 29 Maret lalu. Namun dalam pertandingan kompetitif, baik di Piala Dunia dan Piala Eropa, Der Panzer tidak pernah mampu meraih kemenangan atas Gli Azzurri. Pertemuan kompetitif terakhir antar Jerman melawan Italia terjadi di semifinal Piala Eropa 2012. Ketika itu, 28 Juni 2012, Italia menang 2-1 berkat dua gol Mario Balotelli.

Kapten Italia, Gianluigi Buffon mengatakan bahwa laga timnya melawan Jerman di akan sangat sulit. Meski mampu menyingkirkan Spanyol, menurut Buffon masih ada jalan panjang dan berliku-liku yang harus dilalui timnya. Pemenang duel Jerman kontra Italia sendiri nantinya akan menghadapi pemenang pertandingan Prancis kontra Islandia.

Di partai lainnya, Portugal yang terseok-seok di turnamen kali ini akan menghadapi Polandia. Menurut bek Selecçao, Jose Fonte, laga melawan Robert Lewandowski dkk tidak akan berjalan mudah untuk timnya. “Laga melawan Polandia akan berjalan sulit,” ungkap kapten Southampton itu. “Mereka berhasil lolos hingga babak perempat final, dan mereka bisa melakukan itu karena mereka memiliki tim berkualitas. Laga melawan Polandia tidak akan berjalan mudah, tapi kami sudah siap untuk itu,” katanya.

Sementara Wales yang lolos ke babak 8 besar setelah menyingkirkan Irlandia Utara, yakin bisa melanjutkan langkahnya hingga ke semifinal. Meski menjadi underdog di hadapan Belgia, The Dragons optimistis mengalahkan tim peringkat dua FIFA itu. “Kami akan jadi underdog, tapi kami tidak takut pada Belgia. Ketika tim-tim menyerang kami dan bermain terbuka, kami bisa memberikan banyak kerusakan,” kata pelatih Wales, Chris Coleman.

Sedangkan pelatih Belgia, Marc Wilmots, menilai Wales adalah lawan yang kuat. Wimlots pun berjanji akan mewaspada seluruh pemain Wales, bukan hanya Gareth Bale semata. “Wales adalah tim kuat. Bukan cuma Gareth Bale, tapi banyak pemain di tim itu,” katanya.(aceh.Uri.co.idnews/dod) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id