Debat Cabup Singkil Alot | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Debat Cabup Singkil Alot

Debat Cabup Singkil Alot
Foto Debat Cabup Singkil Alot

* Isu Kredit PNS Mengemuka

SINGKIL – Debat calon bupati/wakil bupati Aceh Singkil yang berlangsung di Gedung Serabguna kemarin berlangsung alot. Pantauan Serambi pada segmen satu sampai dua tidak semua pasangan calon (Paslon) hadir. Keempat Paslon baru hadir saat memasuki segmen ketiga. Calon yang hadir sejak sesi pertama debat yaitu nomor urut 2 Yakarim Munir-Roesman Hasmy dan nomor 4 Putra Ariyanto-Hendri Syahputra.

Sedangkan Paslon nomor 3 hanya hadir calon bupati saja Dulmusrid. Sementara calon yang terlambat datang nomor urut 1 Safriadi-Sariman, serta calon wakil bupati nomor 3 Sazali. Keterlambatan itu mendapat kritikan dari peserta debat karena kandidat dinilai tak disiplin dengan jadwal yang telah ditetapkan KIP Aceh Singkil. Sementara pada sesi debat mengemuka isu paling dominan terkait pinjaman kredit PNS kepada bank. Isu itu mencuat dalam sesi tanya jawab antarkandidat mengenai sanksi pemecatan kepada PNS yang tidak disiplin.

Sementara PNS yang memiliki hutang secara kemanusian tidak mungkin dipecat. Isu lain dalam debat yang dimoderatori Redaktur Pelaksana Harian Serambi Indonesia, Yarmen Dinamika itu yakni soal keanekaragaman penduduk Aceh Singkil dan status kemiskinan dan tertinggal. Jalannya debat sejak awal berlangsung dalam tensi cukup tinggi. Terutama hadirnya pendukung pasangan calon yang menggunakan atribut partai. Kondisi itu diprotes Putra Ariyanto yang menyatakan tidak bersedia menyampaikan visi misinya sebelum mereka keluar ruangan karena dinilai menyalahi aturan.

“Saya tidak mau memulai sebelum yang menggunanakan atribut partai keluar,” kata Putra dari atas podium. Ketua KIP Aceh Singkil Yarwin Adi Dharma sempat mengeluarkan peringatan keras kepada calon nomor 4. Sebab melakukan protes berulang kali mengenai tidak sesuainya tempat duduk undangan.

“(Protes) Paslon bisa mengganggu waktu, ini sudah masuk acara inti,” kata Yarwin. Dalam kesempatan itu, kandidat menghimbau warga menggunakan hak pilihnya. Sedangkan kepada rivalnya agar menjadi bupati untuk semua rakyat Aceh Singkil. Seusai debat semua pasangan saling bersalaman diikuti foto bersama.(de) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id