KIP Galus Salurkan Honor KPPS | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

KIP Galus Salurkan Honor KPPS

KIP Galus Salurkan Honor KPPS
Foto KIP Galus Salurkan Honor KPPS

* Mencapai Rp 1,5 Miliar Lebih

BLANGKEJEREN – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Gayo Lues (Galus) mulai menyalurkan honor dan biaya operasional untuk petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara KPPS. Untuk tahap pertama diserahkan kepada petugas KPPS di Kecamatan Blangkejeren, Blangpegayon dan Dabun Gelang di aula Kantor KIP Galus, Jumat (10/2) pagi.

Total dana untuk petugas KPPS sebesar Rp 1.550.850.000 yang tersebar di 11 kecamatan. Dana tersebut digunakan untuk honor, biaya ATK, sewa tenda untuk TPS, uang makan dan makanan ringan untuk petugas. Ketua KIP Galus Alfin Anhar melalui Sekretaris, Rajab Martin, Jumat (10/2) mengatakan dana tersebut untuk operasional petugas KPPS dan keamanan.

Disebutkan, jumlah petugas KPPS sebanyak 2.205 orang yang tersebar di 245 TPS dalam 136 desa. Dirincikan setiap TPS mendapat Rp 6,33 juta dan dibagi untuk 9 petugas atau masing-masing Rp 550 ribu/orang. Kemudian, 6 orang anggota lainnya Rp 500 ribu/orang dan ditambah insentif petugas penertiban sebanyak 2 orang, masing-masing Rp 400 ribu/orang.

“Dana Rp 1,5 miiiar lebih untuk honor petugas KPPS dan ketertiban, termasuk biaya ATK dan perlengkapan lainnya, serta biaya sewa tenda untuk pembuatan TPS di masing-masing desa,”kata Rajab Martin. Dikatakan, dana operasional diterima langsung masing-masing Ketua KPPS, tetapi untuk kawasna terpencil, seperti Terangun dan Pining diterima Ketua PPK Kecamatan.

Rajab Martin berharap, masyarakat yang telah memiliki hak pilih untuk memberikan suaranya pada hari pencoblosan, 15 Februari 2017 untuk memilih cabub/cawabub Galus dan cawagub/cawagub Aceh. Dia menegaskan selama masa tentang, tidak ada lagi kegiatan kampanye, baik secara terbuka maupun sembunyi-sembunyi, sehingga seluruh tahapan dapat berjalan lancar dan aman.

Seperti Pilkada 2012 lalu, ribuan massa dari dua pasangan cabup/cawabup Gayo Lues (Galus) yang tidak puas atas tingginya perolehan suara pasangan Ibnu Hasim/Adam, Rabu (11/4/2012) sekira pukul 15.00 WIB membakar kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP). Mereka kemudian membakar lima kantor camat, termasuk sebuah mobil dinas camat.

Massa yang bertindak anarkis itu merupakan para pendukung pasangan cabup/cawabup Irmawan/Yudi Candra dan massa pendukung Karim Cukup/Nurhayati Sahali yang berunjuk rasa sejak Selasa (10/4/2012) siang. Pada Selasa itu mereka membakar sebuah mobil operasional KIP setempat, lalu menduduki kantor KIP.

Massa yang sama membakar pula kantor KIP Galus. Menjelang sore mereka mulai membakar Kantor Camat Blangkejeren bersama sebuah mobil dinas camat, Kantor Camat Dabun Gelang, Kantor Camat Blangpegayon, Kantor Camat Pantan Cuaca, dan Kantor Camat Rikit Gaib.(c40) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id