Dua Nelayan Hilang Ditemukan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dua Nelayan Hilang Ditemukan

Dua Nelayan Hilang Ditemukan
Foto Dua Nelayan Hilang Ditemukan

* Boat Rusak Saat Memancing Ikan Tuna

SABANG – Dua nelayan, Hayatuddin (26) dan Husaini (27) asal Gampong Jaboi, Kecamatan Suka Jaya, Kota Sabang yang dilaporlan hilang saat melaut Rabu (8/2) pagi, ditemukan selamat. Keduanya ditemukan oleh nelayan boat pukat asal Meulaboh, Aceh Barat yang sedang melintasi di perairan Waba Haru, Kareung Gurami 75 mil di atas periaran Pulau Aceh, Kamis (9/2) sore.

Informasi telah ditemukannya dua nelayan itu disampaikan Panglima Laot Lhok Jaboi, Rusli Ibrahim kepada Serambi tadi malam. Kedua nelayan tak bisa pulang karena boat tep tep (perahu mesin tempel) yang ditumpanginya rusak. Beruntung mereka ditemukan dalam kondisi selamat sekitar pukul 16.00 WIB.

Keduanya ditemukan pertama kali oleh nelayan dari boat pukat KM Putra Tuna asal Meulaboh. Mereka sedang melintasi perairan Kareung Gurami sekitar 75 mil di atas periaran Pulo Aceh. Kawasan tersebut 90 mil dari perairan Batu Tiga Belas dari lokasi hanyut kedua nelayan tersebut.

Karena boat pukat KM Putra Tuna sedang bepergian, maka kedua nelayan itu dititipkan ke boat pukat KM Jaya asal Banda Aceh. Boat tersebut sedang pulang setelah beberapa hari mencari rezeki di perairan itu. Karena jarak tempat ditemukan lebih dekat ke arah Banda Aceh, maka kedua nelayan itu di bawa ke Lampulo Banda Aceh. “Kini kedua nelayan pencari ikan tuna beserta boatnya sedang dalam perjalanan menuju Lampulo. Besok (hari ini) keduanya sudah kembali ke Sabang setelah mesin boatnya diperbaiki,” katanya.

Sebelumnya, setelah mendapat informasi hilangnya kedua nelayan tersebut. Panglima Laot Jaboi Rusli Ibrahim yang menghubungi ke nomor handphone (HP) kedua korban tak tersambung. Karena sudah dihubungi berulang kali, namun tetap tak juga tersambung. Selanjutnya menanyakan keberadaan korban kepada nelayan lain yang sudah pulang. Termasuk menghubungi Panglima Laot Kota, M Ali untuk menyampaikan informasi itu. Bahkan memberitahu Tim SAR dan Panglima Laot yang ada di Pulau Aceh dan Banda Aceh. Karena malam sudah larut, maka pencarian kedua nelayan yang menggunakan boat tep tep warna lambung krem itu dilakukan esok harinya. Pencarian yang dilanjutkan hingga, Kamis (9/2) sore, tak berhasil menemukan kedua nelayan. Malamnya baru mendapat informasi bahwa kedua nelayan ditemukan selamat.

Panglima Laot Lhok Jaboi, Rusli Ibrahim, kepada Serambi, Kamis (9/2) mengatakan, Hayatuddin dan Husiani meninggalkan rumah Rabu (8/2) sekitar pukul 05.00 WIB. Mereka pergi memancing ikan tuna ke laut lepas perairan Batu Tiga Belas, kawasan barat selatan Pulau Aceh, atau sekitar 25 mil dari perairan Jaboi.

Seperti biasanya sekitar pukul 23.00 WIB keduanya sudah kembali ke rumah. Namun, pada hari itu, hingga pukul 23.00 WIB tak pulang juga ke rumah. Karena tak kunjung pulang, pihak keluarga menanyakan hal itu kepada Panglima Laot Jaboi dan dilakukan pencarian.(az) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id