Bahas UU Pilkada, Komisi I DPRA Temui Komisi II DPR RI | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bahas UU Pilkada, Komisi I DPRA Temui Komisi II DPR RI

Foto Bahas UU Pilkada, Komisi I DPRA Temui Komisi II DPR RI

BANDA ACEH – Komisi 1 DPR Aceh yang membidangi urusan politik, hukum, keamanan, dan pemerintahan, Kamis (3/3) siang, menemui Komisi II DPR RI dalam rangka melakukan konsultasi sejumlah persoalan, mulai dari rencana pemerintah merevisi UU Pilkada sampai dengan isu pemekaran.

Informasi kunjungan tersebut disampaikan anggota Komisi 1 DPR Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky, kepada Serambi tadi malam. “Kita ke komisi II DPR RI dan diterima oleh Bang Irmawan dari Fraksi PKB yang juga mantan anggota DPR Aceh. Kita konsultasi sejumlah persoalan mengenai dengan regulasi pilkada dan soal pemekaran,” ujar politisi Partai Aceh ini.

Iskandar menyampaikan, pihaknya ingin mengetahui sejauh mana usulan revisi UU Pilkada yang drafnya disiapkan Mendagri, serta sejauh mana perkembangan pembahasan di DPR RI. Kondisi ini, sambung Ketua Badan Legislasi DPRA tersebut, sangat penting mengingat dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera menggelar rapat pembahasan Rancangan Revisi Qanun Pilkada plus Revisi Qanun Penyelenggara Pilkada di Aceh.

Dari informasi yang disampaikan Irmawan, sebut Iskandar, Revisi UU Pilkada sudah masuk Prolegnas 2016, namun drafnya belum disampaikan ke DPR RI oleh pihak Mendagri. “Kita juga minta agar drafnya diberikan untuk memperkaya pembendaharaan regulasi dalam rangka pembahasan qanun di Aceh,” sebutnya.

Ditanya menyangkut pemekaran apakah dibahas secara spesifik dalam pertemuan tersebut, Iskandar menyampaikan, dalam pertemuan itu pihaknya mengatakan bahwa wilayah Aceh tetap sebagaimana diatur dalam MoU Helsinky. Bahkan Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Bener Meriah dalam rangka meresmikan Bandara Rembele sudah menegaskan soal moratorium pemekaran daerah itu.(yos) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id