Dua Jembatan Terancam Ambruk di Lintas Peureulak-Lokop | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dua Jembatan Terancam Ambruk di Lintas Peureulak-Lokop

Dua Jembatan Terancam Ambruk di Lintas Peureulak-Lokop
Foto Dua Jembatan Terancam Ambruk di Lintas Peureulak-Lokop

IDI – Dua jembatan di lintas Peureulak-Lokop, Aceh Timur, terancam ambruk, karena pengikisan tanah pada kepala jembatan (abutment). Satu jembatan berada di perbatasan Gampong Paya Unoe dengan Gampong Seuneubok Johan, dan satunya lagi di Gampong Seuneubok Baro, Kecamatan Ranto Peureulak.

“Dua jembatan ini terancam ambruk akibat pengikisan tanah pada abutment, sehingga membentuk lubang di ujung jembatan,” ungkap anggota DPRA asal Aceh Timur, Iskandar Usman Al-Farlaky, saat meninjau kondisi jembatan itu, Kamis (9/2).

Ia mengungkapkan, kedua jembatan ini berkonstruksi jembatan rangka beton yang posisinya persis di tikungan anak sungai. Sehingga menyebabkan tanah pada bagian pondasi jembatan terkikis setiap musim penghujan.

“Dinas Bina Marga Aceh kami minta membangun tebing pengaman di sekitar abutment untuk mencegah ambruknya jembatan. Karena jika jembatan ini ambruk, ribuan masyarakat di Kecamatan Lokop, Peunaron, dan sebagian Ranto Peureulak tidak bisa mengakses pusat kecamatan Peureulak,” sebut Iskandar.

Selain itu, di lokasi yang sama, kondisi ruas jalan antarkabupaten itu juga dalam kondisi rusak berat. Meski setiap tahun diperbaiki, badan jalan selalu rusak kembali setiap tahunnya, karena daya tahan jalan tidak sesuai dengan beban dari truk berbadan besar yang setiap hari melintasi jalan ini.

“Kami meminta agar status jalan ini ditingkatkan menjadi jalan nasional, sehingga pembangunan dan pemeliharaan menjadi kewenangan pemerintah pusat,” harap Iskandar Usman yang juga Ketua Banleg DPRA ini.(c49) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id