Dua Koridor TransK Dibangun Tahun Ini | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dua Koridor TransK Dibangun Tahun Ini

Dua Koridor TransK Dibangun Tahun Ini
Foto Dua Koridor TransK Dibangun Tahun Ini

* Rute Pusat Kota-Mata Ie dan Ulee Kareng-Blangbintang

BANDA ACEH – Halte bus TransK koridor 3 yang melayani rute pusat kota-Mata Ie dan koridor 5 yang menghubungkan pusat kota Ulee Kareng-Blangbintang akan dibangun tahun 2017. Setiap koridor akan dibangun sekitar 20 halte dengan anggaran masing-masing Rp 6 miliar.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh, Muzakkir Tulot MSi melalui Kabid Lalu Lintas Angkutan (LLA) M Zubir kepada Serambi, Rabu (8/2) di Banda Aceh. Anggaran untuk pembangunan dua koridor baru tersebut telah disetujui DPRA, dimana saat ini sedang memasuki tahap lelang. “Pembangunan koridor 3 dan 5 berdasarkan permintaan yang tinggi dari masyarakat setempat. Pemerintah akan merealisasikannya tahun ini, dimana sekarang sedang memasuki tahap lelang,” ujar Zubir.

Sementara koridor 4 yang direncanakan menjangkau kawasan Lhoknga akan dibangun saat koridor 3 dan 5 rampung. Berbeda dengan koridor 1 dan 2, untuk koridor 3 dan 5 rencananya akan dilalui bus TransK ukuran sedang, mirip bus sekolah. Hal itu dilakukan karena jalan di kedua koridor relatif kecil. “Jalan di Mata Ie maupun Ulee Kareng relatif sempit dengan lalu lintas yang padat. Maka bus ukuran sedang yang cocok melewati kawasan tersebut,” jelasnya.

Hingga saat ini, kata Zubir, Banda Aceh telah mendapat hibah lima bus ukuran sedang dari Kementerian Perhubungan RI. “Kelima bus disimpan di Terminal Batoh. Kami akan mengoperasikannya saat kedua koridor selesai,” jelasnya, seraya mengatakan pada tahun 2017 Kemenhub akan menghibahkan lagi bus ukuran sedang untuk pemerintah Aceh.

Kabid Lalu Lintas Angkutan (LLA) Dishub Banda Aceh, M Zubir Zubir mengatakan, untuk koridor 3 pihaknya telah mengusulkan 16 unit bus sedang. Sedangkan koridor 5 dengan jarak yang lebih panjang, dibutuhkan 25 unit bus sedang. “Semoga jumlah tersebut dapat disetujui, sambil kami persiapkan halte sebagai tempat persinggahan bus,” ujar dia, dan menyebut pihaknya akan mempertahankan jarak antar bus sekitar 10 menit.

Dia menambahkan, apabila kedua koridor dapat selesai pembangunannya pada akhir 2017, maka bus direncanakan bisa beroperasi pada tahun 2018. “Bus akan dikirim dan mulai dioperasikan saat kedua koridor selesai. Kemungkinan pada awal tahun 2018,” kata Zubir.(fit) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id