Jembatan Kutablang Segera Dibongkar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jembatan Kutablang Segera Dibongkar

Jembatan Kutablang Segera Dibongkar
Foto Jembatan Kutablang Segera Dibongkar

BIREUEN – Pembongkaran jembatan rangka baja Krueng Tingkeum di jalan nasional kawasan Kutablang, Kabupaten Bireuen, akan segera dilakukan karena kondisi tiang pilar utama bagian tengah jembatan semakin miring. Selain itu, kedua jalur alternatif baik sebelah selatan dan utara sudah bisa dilalui.

Hal itu dikatakan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) I Banda Aceh, Ir Fathurrahman MSi kepada Serambi, saat meninjau pilar utama jembatan tersebut bersama tim Dinas Perhubungan Provinsi Aceh, Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Aceh, serta dinas terkait di Bireuen, sekitar pukul 15.00 WIB, Rabu (8/2).

“Tiang pilar tengah sudah sangat miring, tiga tiang kaki bawahnya sudah lepas dari dudukan. Tak bisa dipertahankan lagi untuk dilintasi kendaraan, maka harus dibongkar. Sebelum korban berjatuhan, maka penutupan jembatan ini akan dimulai dan pembongkarannya disegerakan lalu dibangun jembatan baru,” kata Fathurrahman.

Namun sebelum jembatan dibongkar, tambahnya, jaringan pipa PDAM, jaringan telekomunikasi dan sarana lainnya yang berada di bagian jembatan, harus dipindah telebih dahulu. Pembongkaran jembatan tersebut, sudah disetujui Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta dan segera dilakukan proses tender untuk membangun jembatan baru.

Ruas jalan alternatif sebelah utara jembatan sudah bisa dilintasi kendaraan dari arah Banda Aceh ke Medan. Sementara dari arah Medan ke Banda Aceh, pengalihan arus lalu lintas ke jalur alternatif sudah dilakukan sejak beberapa hari yang lalu.

Menurut rekanan pelaksana perbaikan jalan alternatif, Mukhlis, jalan itu sudah bisa dilalui. Saat ini hanya proses finishing pada beberapa tempat. Kapolres Bireuen AKBP Heru Novianto SIK mengatakan, pihaknya sedang berkoordinasi tentang kapan pengalihan arus lalu lintas ke jalur alternatif sebelah utara bisa dimulai.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas PU Aceh Wilayah Bireuen, Amri Mirza menambahkan, pihaknya segera melengkapi rambu-rambu lalu lints di ruas jalan alternatif. Selain itu pihaknya kembali menghimbau para pengendara agar tidak ngebut atau saling mendahului di jalur alternatif itu.(yus) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id