Kayseri, Kota Tua Tempat Bermain Ski | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kayseri, Kota Tua Tempat Bermain Ski

Kayseri, Kota Tua Tempat Bermain Ski
Foto Kayseri, Kota Tua Tempat Bermain Ski

OLEH DEDY IRWANDA, mantan ketua Ikatan Masyarakat Aceh di Turki (Ikamat) periode 2015-2016, Mahasiswa Gazi Üniversitesi, melaporkan dari Ankara, Turki

AKHIR pekan lalu, saya berangkat bersama rombongan Kedutaan Besar Indonesia di Turki menuju kota tua, Kayseri. Ini untuk ketiga kalinya saya berkunjung ke Kayseri, dalam rangka menghadiri program musyawarah tahunan Ikatan Mahasiswa Aceh-Turki (Ikamat) atau yang lebih dikenal dengan istilah duek pakat mahasiswa dan masyarakat Aceh di Turki.

Duek pakat ini merupakan program tahunan Ikamat selaku paguyuban masyarakat dan mahasiswa Aceh tertinggi di Turki.

Musyawarah tahunan Ikamat ini berlangsung setiap awal pergantian tahun yang dilaksanakan setiap awal Februari. Tujuan duek pakat ini adalah untuk memilih presiden/ketua baru ikatan masyarakat dan mahasiswa Aceh di Turki, di samping untuk membahas program kerja Ikamat satu tahun ke depan.

Tujuan diselenggarakannya program musyawarah ini, tak lain adalah untuk merangkul sesama warga dan mahasiswa Aceh di Turki, baik yang baru datang ke Turki maupun yang sudah lama menetap di sini untuk saling bertatap muka dan berkenalan dengan sesama. Tapi yang utama sebetulnya adalah untuk mempererat silaturahmi antarsesama warga Ikamat Aceh di Turki.

Oleh karena itulah, saya yang menetap di Kota Ankara pun rela datang ke acara musyawarah ini dengan harapan bisa bersilaturahmi dengan warga Ikamat. Beruntungnya, duek pakat kali ini terselenggara di Kayseri, kota yang dijuluki kota tua dan dikenal sebagai kota yang nyaman dan ramah terhadap para mahasiswa asing dan turis yang berkunjung ke kota ini.

Sebutan Kayseri sebagai kota tua di Turki sudah tak asing lagi di telinga para turis dan mahasiswa internasional di Turki. Kota yang sudah berumur hampir 6.000 tahun ini merupakan kota ke-14 terbesar di Turki. Banyaknya bukti peninggalan sejarah dan letak geografis kota tersebut menjadi tolok ukur bagi turis dan mahasiswa asing untuk tidak melupakan berkunjung ke kota ini. Masyarakat Turki percaya bahwa awal mulanya jual beli pertama sekali dalam sejarah dunia dimulai di kota ini.

Kota ini terletak di bagian tengah Anatolia, Turki. Kekhasan kota ini, banyak peninggalan yang masih terjaga baik oleh masyarakat setempat. Ini menjadi simbol bahwa masyarakat Kota Kayseri sangat menghargai peninggalan sejarah nenek moyang mereka.

Di samping peninggalan yang banyaknya tak terhingga, ada satu lagi keunggulan dan kekhasan kota tua ini. Yakni, adanya gunung yang dilapisi salju abadi. Gunung tersebut bernama Erciyes.

Dengan ketinggian 3.917 meter dari permukaan tanah, gunung ini merupakan gunung tertinggi di kawasan Anatolia Tengah. Terletak di kawasan Develi, gunung ini menyajikan pemandangan bermain ski terbaik di Turki dan inilah mengapa saya datang ke Kota Kayseri.

Perjalanan menuju wisata Gunung Erciyes memakan waktu sekitar 45 menit dari pusat Kota kayseri dengan biaya transportasi sekitar 7 lira atau setara Rp 30.000. Sesampai di Gunung Erciyes, terdapat beberapa toko yang menyewakan peralatan bermain ski dengan harga terjangkau, antara 35-40 lira atau sekitar Rp 140.000. Apabila kita ingin menaiki puncak gunung menggunakan teleferik, cukup tambah 30 lira atau sekitar Rp 100.000 saja dan kita bisa naik teleferik tersebut hingga seharian penuh. Harga yang relatif murah tersebut berbanding lurus dengan kepuasan bermain ski yang saya dapatkan.

Tak hanya menjadi tempat rekreasi bermain bagi masyarakat dan mahasiswa setempat. Wisata Gunung Erciyes juga sering dipergunakan sebagai arena perlombaan olimpiade sedunia. Dengan keadaan suhu yang selalu berkisar -30° sampai -0°, salju yang tak pernah mencair dan permukaan yang tidak terlalu terjal, memungkinkan para wisatawan lokal dan internasional sangat menikmati bermain ski di Gunung Erciyes ini.

Tak jauh dari pusat wisata bermain ski Gunung Erciyes, terdapat beberapa restoran yang menyuguhkan pemandangan terbaik gunung tersebut dan akan sangat disesalkan kalau sampai dilewatkan.

Pada akhirya, lawatan saya ke Kota Kayseri tersebut dengan pesona wisata Gunung Erciyes masih sangat membekas di pikiran saya. Hal itu mengesankan bahwa masyarakat Kota Kayseri sangat menghargai peninggalan indatu mereka dan begitu kuatnya tekad pemerintah dalam mempromosikan wisata Gunung Erciyes, sehingga Kota Kayseri dengan wisata Erciyes-nya makin dikenal dunia. Dan saya ikut bangga karena sudah sering ke sini.

* Jika Anda punya informasi menarik, kirimkan naskahnya, termasuk foto dan identitas Anda ke email [email protected] (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id