Sudah Tiga Kepala Keluarga Ajukan Hak Asuh Bayi yang Ditemukan di Peudawa | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Sudah Tiga Kepala Keluarga Ajukan Hak Asuh Bayi yang Ditemukan di Peudawa

Sudah Tiga Kepala Keluarga Ajukan Hak Asuh Bayi yang Ditemukan di Peudawa
Foto Sudah Tiga Kepala Keluarga Ajukan Hak Asuh Bayi yang Ditemukan di Peudawa

URI.co.id, IDI – Kasie Rehabilitasi sosial Dinsos Aceh Timur, Wadi Fatimah, melalui pekerja sosialnya Cut Fahrayeni mengatakan sudah ada tiga kepala keluarga yang mengajukan hak asuh anak kepada bayi laki-laki yang ditemukan warga di dalam kardus di atas kursi di depan warung warga di Gampong Alue Batee, Kecamatan Peudawa, Rabu (8/2/2017) pagi.

“Sudah ada tiga kepala keluarga yang mengajukan hak asuh kepada bayi tersebut,” ungkap Peksos Dinsos Aceh Timur, Cut Fahrayeni kepada URI.co.id, Rabu malam.

Cut mengatakan selanjutnya pihaknya akan melakukan verifikasi kelayakan hak asuh dan memverifikasi kelengkapan calon orang tua asuh (cota).

Dari ketiga pemohon tersebut, jelas Cut, Dinsos Aceh Timur, akan memilih satu cota yang layak. Kemudian, Dinsos Aceh Timur akan memberikan izin pengasuhan sementara yakni selama enam bulam dan selama enam bulan itu tetap dalam pantauan Dinsos setempat.

“Selama pengasuhan sementara oleh cota bersangkutan, kami tetap terus memantaunya. Jika, perkembangan bayi bagus, sehat, dan didukung oleh lingkungan serta kemampuan ekonomi, maka Dinsos mengeluarkan rekomendasi kepada cota yang layak tersebut. Namun, agar anak tersebut sah secara hukum untuk diasuh maka harus berdasarkan keputusan sidang tim Pertimbangan Izin Pengangkatan Anak (PIPA) di Dinsos Aceh,” jelasnya.

Amatan URI.co.id hingga Rabu (8/2/2017) malam bayi laki-laki itu masih dirawat di ruang Nicu RSUD dr Zubir Mahmud. Ketua Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Aceh Timur, Rahmat Hidayat, ikut melihat langsung kondisi bayi yang dirawat dalam inkubator tersebut.

Petugas medis di ruang Nicu RSUD dr Zubir Mahmud tersebut mengatakan, sebelum ditemukan warga Rabu (8/2/2017) pagi. Bayi tersebut diduga lahir pada Selasa (7/2/2017) malamnya.

“Karena waktu dibawa ke RS masih ada darahnya di bagian kepala bayi ” ungkap petugas medis tersebut.

Ia mengatakan, bayi laki-laki tersebut kondisinya sehat yaitu memiliki berat 2,6 kg, dan tinggi 47 Cm.

“Bayi ini akan terus kami rawat hingga diambil oleh calon orang tau asuhnya,” jelas petugas medis RSUD dr Zubir Mahmud. (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id