Jembatan Krueng Tingkeum Segera Dibongkar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jembatan Krueng Tingkeum Segera Dibongkar

Jembatan Krueng Tingkeum Segera Dibongkar
Foto Jembatan Krueng Tingkeum Segera Dibongkar

URI.co.id, BIREUEN – Pembongkaran jembatan rangka baja Krueng Tingkeum, Kutablang Bireuen disegerakan mengingat kondisi tiang pilar utama bagian tengah semakin miring.

Kondisi itu akibat dihantam balok setelah hujan deras beberapa waktu lalu dan dua jalur alternatif juga sudah siap dilintasi kendaraan.

Hal itu disampaikan Kepala Balai  Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN)  I Banda Aceh, Ir Fathurrahman MSi kepada URI.co.id, Rabu (08/02/2017), melihat secara dekat kondisi pilar jembatan tersebut, sekitar pukul 15.00 WIB Rabu.

Ir Fathurrahman turun didampingi pejabat Dinas Perhubungan Provinsi Aceh, Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Aceh serta dinas terkait di Kabupaten Bireuen.

“Melihat kondisi pilar tiang tengah dan beberapa tiang sudah sangat miring serta tiga tiang kaki bawahnya sudah lepas dari dudukan dan tidak mungkin dipertahankan lagi untuk dilintasi berbagai jenis kendaraan, maka harus dibongkar,” katanya. 

Ditambahkan, ketahahan jembatan sangat diragukan, sebelum korban berjatuhan maka langkah penutupan jembatan dua arah segera dimulai dan kegiatan pembongkaran disegerakan.

Sebelum jembatan dibongkar katanya, jaringan pipa PDAM, jaringan telkomsel dan sarana lainnya yang berada di bagian jembatan tersebut  harus segera dipindahkan, karena dalam waktu dekat alat berat untuk memulai pekerjaan pembongkaran tiba di lokasi tersebut.  

Pembongkaran jembatan katanya sudah disetujui kementerian pekerjaan umum di Jakarta dan segera dilakukan proses tender membangun jembatan baru.

Kepala BPJN wilayah I Banda Aceh yang didampingi Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Aceh, AKBP Burhan, Kabid LLAJ Dinas Perhubungan Aceh, Nizarli SSIT MT, Kapolres Bireuen, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bireuen serta sejumlah pihak terkait lainnya mengharapkan penutupan jembatan dalam waktu dekat berjalan lancar.

Ditambahkan, dalam waktu dekat jembatan harus segera ditutup, ruas jalan alternatif baik arah selatan maupun utara jembatan sudah siap dilintasi berbagai jenis kendaraan. (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id