Komisi A Panggil Komisioner KIP Abdya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Komisi A Panggil Komisioner KIP Abdya

Komisi A Panggil Komisioner KIP Abdya
Foto Komisi A Panggil Komisioner KIP Abdya

BLANGPIDIE – Komisi A DPRK Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa (7/2), memanggil seluruh komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) di kabupaten tersebut. Pemanggilan itu dilakukan untuk mempertanyakan keabsahan surat keputusan (SK) yang mengaktifkan kembali empat komisioner KIP Abdya, serta persoalan surat dukungan sejumlah calon bupati dan wakil bupati yang digugat oleh Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA).

“Salah satu tujuan (pemanggilan), mempertanyakan keabsahan mereka dan ada hal yang dianggap penting lainnya, dan selaku perwakilan rakyat yang membidangi pemerintahan, kami wajib mempertanyakan persoalan ini,” ujar Ketua Komisi A DPRK Abdya, Iskandar.

Dalam diskusi dan pertemuan tersebut mencuat sejumlah persoalan, seperti surat dukungan PKPI yang dikoreksi oleh KIP Aceh, pengaktifan kembali anggota Komisioner KIP Aceh, dan terkait laporan YARA Aceh ke DKPP tentang sikap KIP Abdya yang juga menerima berkas Partai Hanura.

Namun, Ketua KIP Abdya, Elfiza SH MH, mengatakan, persoalan surat dukungan Partai Hanura yang ditandatangani oleh Plh Ketum Hanura tidak bermasalah dan memiliki SK Kemenkumham. “Kalau persoalan itu, tidak ada masalah karena ini sudah sesuai aturan dan ada SK Kemenkumhamnya, dan hampir seluruh Indonesia juga begitu dan tidak ada persoalan,” kata Elfiza menjelaskan.

Dalam pertemuan yang berlangsung selam dua jam tersebut, hadir Wakil Ketua DPRK Abdya, Jismi, Ketua Komisi A, Iskandar, Zaman Akli, Mukhlis AW, Mahmud Hasyem dan Nurdianto. Sementara dari pihak KIP Abdya hadir Ketua KIP Abdya, Elfiza SH MH, Said Masykur, Muhammad Zikri dan Hasbi SPd dan Perwakilan dari Panwaslih Abdya.(c50) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id