3.360 Napi Se-Aceh Akan Ikut Pilkada | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

3.360 Napi Se-Aceh Akan Ikut Pilkada

3.360 Napi Se-Aceh Akan Ikut Pilkada
Foto 3.360 Napi Se-Aceh Akan Ikut Pilkada

BANDA ACEH – Sebanyak 3.360 warga binaan atau narapidana di semua lembaga pemasyarakatan (lapas) seluruh Aceh dipastikan telah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2017. Dengan demikian, ke-3.360 napi tersebut dipastikan akan ikut bagian saat hari pencoblosan calon kepala daerah pada 15 Februari nanti.

Jumlah tersebut dikatakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Aceh, Drs Gunarso Bc IP usai memimpin apel siaga dalam rangka menyambut Pilkada 2017, bagi warga binaan dan petugas lapas/rutan di Lapas Banda Aceh, di Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Selasa (7/2).

“Warga binaan yang sudah terdaftar di seluruh Aceh ada sekitar 3.360 orang. Dari jumlah itu nanti ada yang bisa memilih gubernur/wakil gubernur saja, ada juga yang bisa kedua-duanya, bisa memilih bupati/wakil bupati dan gubernur/wakil gubernur,” kata Gunarso.

Gunarso menjelaskan, jika memang napi tersebut berasal dari tempat lapas itu berada, artinya berdomisili di kabupaten tersebut, maka warga binaan itu diperbolehkan untuk memilih bupati/wakil bupati, wali kota/wakil wali kota, serta gubernur/wakil gubernur. Namun, jika napi itu berasal dari kabupaten lain, bukan dari kabupaten tempat lapas itu berada, maka ia hanya diperbolehkan untuk memilih gubernur/wakil gubernur saja.

“Itu pun kalau warga binaan tersebut terdaftar dalam DPT asalnya, baru dia bisa memilih. Nah, kalau dia memang penduduk Aceh Besar dan mendekam di lapas ini misalnya, otomatis dia bisa memilih pilbup dan pilgub. Kita sudah koordinasi dengan KIP, nanti KIP yang menentukan, kita hanya memberi data saja,” ujarnya.

Gunarso juga menjelaskan, apel siaga dalam rangka menyambut Pilkada 2017 bagi warga binaan dan petugas lapas kemarin sebagai penegasan bahwa seluruh warga binaan dan para petugas lapas dan rutan di seluruh Aceh berkomitmen untuk melaksanakan pilkada yang aman, lancara, damai.

“Ini bagian dari kesiapan menjelang pilkada di seluruh lapas dan rutan di Aceh. Dalam kesempatan ini, para kalapas agar bisa memastikan semua warga binaan terdaftar. Dan kita minta untuk terus melakukan komunikasi dengan KIP kabupaten/kota,” ujarnya.

Apel kemarin, diikuti oleh sejumlah petugas lapas. Turut hadir, Ketua KIP Aceh, ridwan Hadi, Ketua KIP Aceh Besar, Cut Agus Fadhillah, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Saladin, dan sejumlah lainnya. Usai apel, semua warga binaan di Lapas Klas IIA Banda Aceh itu juga mengikuti sosialisasi terkait pelaksanaan Pilkada 2017, yang disampaikan oleh Ketua KIP Aceh dan Ketua KIP Aceh Besar.(dan) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id