Polres Galus Tingkatkan Patroli | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Polres Galus Tingkatkan Patroli

Polres Galus Tingkatkan Patroli
Foto Polres Galus Tingkatkan Patroli

* Dilengkapi Senjata Laras Panjang

BLANGKEJEREN – Polres Gayo Lues (Galus) terus meningkatkan patroli sehari penuh atau 24 jam di seluruh wilayah Negeri Seribu Bukit itu. Patroli yang diiringi dengan dialog dengan masyarakat dilakukan oleh personel polisi, TNI dan juga Brimob yang dilengkapi senjata laras panjang jelang Pilkada serentak 15 Februari 2017 yang tinggal beberapa hari lagi.

Patroli bukan hanya dilakukan di ibukota Blangkejeren, tetapi juga kecamatan, bahkan kawasan pedalaman. Para anggota pasukan keamanan ini berpatroli dengan dump truk, seiring jalan yang dilintasi banyak yang rusak, selain berliku-liku dan terjal.

Untuk wilayah pusat perkotaan, baik di Blangkejeren maupun kecamatan dilakukan dengan mobil patroli polisi. Kapolres Galus, AKBP Bhakti Eri N, melalui Kabag Ops AKP Haris Kurniawan, kepada Serambi, Selasa (7/2) mengatakan patroli keliling itu untuk menjaga keamanan, selain mencegah terjadinya intimidasi jelang Pilkada.

Haris mengatakan, pasukan patroli dibagi dalam empat tim dengan empat sesi patroli atau masing-masing selama 6 jam, sehingga berlangsung selama 24 jam. Dikatakan, satu tim patroli terdiri dari 22 personel yakni 10 anggota Brimob, 5 polisi dan 5 anggota TNI, serta satu perwira Polres Galus, selain sopir.

“Patroli keliling ini untuk menciptakan situasi aman dan tertib serta mencegah terjadinya intimidasi jelang Pilkada,” jelasnya. Dia mengungkapkan, pasukan keamanan yang melakukan patroli juga mendengarkan keluhan masyarakat atau juga laporan adanya gangguan di desanya.

Haris menjelaskan pasukan keamanan melakukan patroli dan berdialog dengan masyarakat secara bergantian. Disebutkan, tim pertama melakukan patroli dari pukul 08.00 sampai 14.00 WIB, tim kedua dari pukul 14.00-20.00 WIB, tim ketiga pukul 20.00-02.00 WIB dan tim ke empat dari pukul 02.00-08.00 WIB. “Sejauh ini belum ada gangguan maupun keluhan yang diterima tim patroli,” demikian Kabag Ops Polres Galus.

Sebelumnya, Polres Gayo Lues (Galus) sudah siap mengamankan pemilihan kepala daerah (Pilkada) cabup/cawabup dan cagub/cawagub Aceh yang digelar serentak pada 15 Februari 2017. Sebanyak 400 anggota polisi, Brimob, TNI dikerahkan untuk menjaga pelaksanaan tahapan Pilkada sampai hasil perolehan suara masing-masing diumumkan.

Kapolres Galus, AKBP Bhakti Eri N, kepada Serambi, Kamis (2/2) mengatakan Pilkada damai sangat didambakan oleh seluruh masyarakat ‘Negeri Seribu Bukit’ ini. Dia menyatakan Tim Desk Pilkada dan Gakumdu yang telah dibentuk diharapkan mampu menangani pelanggaran dan perkara dalam pelaksanaan Pilkada cabup Galus maupun cagub Aceh.

“Untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada, sebanyak 400 aparat keamanan dikerahkan, terdiri dari personel Polres, Brimob ditambah BKO serta TNI Kodim 0113/Galus,” sebut Kapolres Galus. Dia berharap, pelaksanaan tahapan Pilkada yang sudah berjalan damai selama ini, akan berlanjut sampai hari ‘H’ dan pengumuman hasil peroleh surat suara masing-masing kandidat.

Kapolres Gayo Lues (Galus) AKBP Bhakti Eri N kembali menegaskan tahapan Pilkada 2017 untuk pemilihan cabup/cawabup Galus dan cagub/cawagub Aceh harus berjalan damai, aman dan bermartabat. Dia menyatakan insiden Pilkada 2012 tidak boleh terulang lagi dan antisipasi sudah diintensifkan dengan adanya patroli Brimob, polisi dan TNI.

Dia yang didampingi Wakapolres Kompol Suprapto dan para perwira Polres menyampaikan hal itu saat menggelar silaturrahmi dengan para wartawan di aula Mapolres, Blangkejeren, Sabtu (4/2). Bhakti menjelaskan dukungan peran insan pers sangat diperlukan dalam menyebarkan informasi damai kepada masyarakat tentang Pilkada.(c40) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id