Ratusan Surat Suara Gubernur Rusak | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ratusan Surat Suara Gubernur Rusak

Ratusan Surat Suara Gubernur Rusak
Foto Ratusan Surat Suara Gubernur Rusak

SINGKIL – Ratusan surat suara pemilihan gubernur/wakil gubernur Aceh di Aceh Singkil ditemukan rusak dalam proses pelipatan. Ketua KIP Aceh Singkil, Yarwin Adi Dharma, Senin (6/2) mengatakan, surat suara yang rusak mencapai 156 lembar dari total 72.992 surat suara yang dilipat.

“Surat suara gubernur yang dilipat 72.992 lembar, lebih dari DPT 171 lembar. Rusak 156 lembar dan surat suara yang lebih 15 lembar,” katanya. Sementara itu, Yarwin menyebutkan kampanye akbar calon bupati/wakil bupati Aceh Singkil dimulai Selasa hari ini (7/2) dengan lokasi lapangan sepak bola Meriam Sipoly Rimo, Gunung Meriah dan Alun-alun Pulau Sarok, Singkil. Kampanye terbuka diikuti empat pasangan calon bupati/wakil bupati.

Yaitu pasangan nomor urut 3 Dulmusrid-Sazali di lapangan Meriam Sipoly, pasangan nomor urut 2 Yakarim Munir-Roesman Hasmy di Alun-alun Pulau Sarok pada 8 Februari. Selanjutnya Jumat 9 Februari giliran pasangan nomor urut 4 Putra Ariyanto-Hendri Syahputra di lapangan Meriam Sipoly. Namun pasangan ini mengajukan permohonan pemindahan lokasi kampanye di lapangan Sepak Bola Daulat Singkil.

“Pasangan nomor 4 hari ini (kemarin) mengajukan usulan pemindahan lokasi kampanye dari Meriam Sipoly ke Daulat Singkil. Kami masih menunggu informasi dari Polres terkait izin,” kata Yarwin. Sementara itu, pasangan nomor urut 1 Safriadi-Sariman, akan menggelar kampanye terbuka pada 11 Februari di lapangan Meriam Sipoly. “Tanggal 10 Februari diisi dengan debat kandidat di gedung serba guna mulai pukul 14.00 WIB,” ujar Yarwin.

Sementara itu dari Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) dilaporkan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai melipat surat suara calon bupati dan wakil bupati Abdya sesuai dengan hasil koreksi KIP Aceh. Surat suara yang dikirim dari Cibubur menggunakan mobil box itu mendapat mengawalan ketat personel Brimob dan Panwaslih Abdya.

“Iya sudah tiba (surat suara sembilan pasangan calon-red), setelah dijemput yang dikawal ketat pihak keamanan. Selanjutnya kita lipat dengan mendatangkan orang-orang yang independen untuk mensortir dan melipat surat suara tersebut,” kata anggota Komisioner KIP Abdya Hasbi SPd kepada Serambi, Senin (6/2).

Menurut Hasbi, pelipatan surat suara itu berkisar dua hingga tiga hari. Setelah dilipat dan disimpan di gudang KIP Abdya, selanjutnya surat suara didistribusikan ke sembilan kecamatan.

“Pendistribusiannya kita lakukan, paling lambat tiga hari sebelum hari pencoblosan,” kata Hasbi yang juga ketua Pokja Kampanye. Dia menambahkan jumlah surat suara berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) ditambah cadangan sebantak 2,5 persen, atau berjumlah 106.896 lembar.(c50) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id